Tips Mengelola Sisa Gaji

Tips Mengelola Sisa Gaji

Mengelola keuangan itu penting, baik bagi yang masih single, terlebih lagi yang sudah berkeluarga. Pendapatan yang kita peroleh setiap bulan perlu kita bagi untuk kebutuhan jangka pendek (konsumsi) dan sebagian disimpan untuk masa mendatang atau jangka panjang. Selain itu juga kita perlukan untuk kebutuhan yang sifatnya mendadak yang tidak terencana.

Disini saya ingin membahas tentang 3 pengelolaan keuangan bagi karyawan yang berkaitan dengan sisa gaji, yaitu Saving, Investing dan Trading. Yang dimaksud sisa gaji ini setelah kita kurangi kebutuhan-kebutuhan rutin bulanan. Jangan sampai gaji bulanan kita habis tak bersisa ya. Untuk itu kita harus pandai-pandai mengaturnya.

menabung
Menyisihkan Sisa Gaji Itu Penting

Saving is a must. Menabung itu adalah sebuah keharusan,karena menabung digunakan untuk motif berjaga-jaga untuk kebutuhan tak terduga. Setiap orang perlu menyisihkan untuk menabung secara rutin,berapapun penghasilan yang diterimanya setiap bulan. Menabung bisa dilakukan dengan membuka rekening di bank ataupun menyimpannya sendiri secara konvensional.

Investing is for a future. Investasi lebih merupakan pengharapan bertambahnya nilai aset dalam jangka panjang. Investasi baru bisa dilakukan setelah kebutuhan saving sudah teralokasi dengan baik. Investasi dapat berupa pembelian aset tetap (tanah,rumah,ruko,dll) atau aset lancar (saham,reksadana,obligasi,emas). Dalam jangka panjang harga aset-aset tersebut akan naik seiring dengan laju inflasi, peningkatan pendapatan, kondisi ekonomi dan lain-lain.

How about trading?

profit trading forex for living

Trading is an option.Secara umum trading bisa diartikan aktivitas perdagangan di pasar modal atau bursa berjangka,dimana seorang trader mendapatkan profit dari selisih harga jual dan beli di market. Adapun yg diperdagangkan bisa berupa saham,valas,dan produk derivatif lainnya.Trading merupakan pilihan,karena membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus serta megandung faktor resiko, yaitu berkurangnya dana kita akibat penurunan harga beli (loss). Beda dengan investasi, aktivitas trading biasanya lebih bersifat jangka pendek. Bisa harian, mingguan ataupun bulanan dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih besar (high risk high return).

Nah pilihan mana yang cocok dengan anda? Sesuaikan dengan profil resiko anda ya….

Salam Share,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s