Profil Usaha Mikro di Indonesia

Profil Usaha Mikro di Indonesia

Definisi usaha mikro menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan dengan omset sampai dengan Rp 300 juta per bulan. Dari tahun ke tahun jumlah pelaku usaha mikro di Indonesia terus tumbuh. Data Kementrian Koperasi dan UMKM Tahun 2013 jumlah usaha mikro di Indonesia mencapai 57,1 juta pelaku usaha. Tumbuh 1,3 juta dari tahun 2012 yang mencapai 55,8 juta pelaku usaha.

Membuka atau mengawali usaha mikro ini relatife mudah. Tidak serumit yang kita bayangkan. Asal ada kemauan dan perencanaan yang baik, kita sudah bisa segera mengawalinya. Beberapa karakteristik dari usaha mikro diantaranya :

  1. Kesederhanaan Usaha
usaha mikro
Pedagang sayur di salah satu pasar tradisional

Untuk memulai usaha mikro sangatlah sederhana, baik itu di segmen perdagangan ataupun jasa. Bahkan seringkali dijalankan berdasar prinsip kekeluargaan dan kebersamaan. Contoh, buka toko di rumah, jasa laundry, usaha foto copy dll. Intinya sih asal sudah ada produk, kita tinggal cari pasarnya/jualan.

  1. Perijinan Usaha Fleksibel

Karena sifatnya masih usaha perorangan dan omsetnya yang masih kecil, sebagian besar usaha mikro tidak terlalu diwajibkan memiliki legalitas usaha semacam SIUP/TDP atau akta pendirian badan usaha, sehingga bisa langsung dijalankan. Mudah bukan….

  1. Modal Kecil

Untuk memulai usaha mikro seringkali tidak membutuhkan modal yang besar. Karena kesederhanaan dan perijinan usaha yang fleksibel seperti diutarakan di atas, tentunya modal yang ada bisa kita konsentrasikan sepenuhnya untuk perputaran modal kerja. Pada awalnya mungkin bisa dijalankan dari tabungan pribadi, namun ketika usaha sudah berkembang maju untuk menambah modal bisa mengajukan kredit mikro dari bank.

  1. Bebas Pajak

Karena omsetnya yang masih kecil, sampai dengan saat ini sebagian besar usaha mikro di Indonesia masih belum dikenakan pajak . Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk menjalankan usaha mikro.

Nah itu tadi beberapa profil yang melekat pada usaha mikro. Semoga di tahun-tahun mendatang sektor usaha mikro di Indonesia bisa terus berkembang dengan baik sehingga dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi.

 

Salam Share,

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s