Begini Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Begini Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Dewasa ini penggunaan kartu kredit di Indonesia sudah meningkat sedemikian pesatnya. Kalau dulu sebagian orang masih apriori dengan kartu kredit, sekarang mulai banyak yang merasakan manfaat dari penggunaan kartu kredit. Bahkan kecenderungan saat ini satu orang ada yang memiliki lebih dari satu kartu kredit. Data yang dihimpun oleh Asosiasi Kartu Kredit Indonesia ( AKKI ), sampai dengan Agustus 2015, jumlah kartu kredit yang beredar ada sekitar 16.709.600 kartu, dengan total transaksi Rp 179.984.199 Juta. Nah kalkulatornya sampai gak muat nih. Hehehe….. :p

kartu-kredit-ilustrasi-_110405210610-739
Kartu Kredit

Gencarnya program pemasaran yang dilakukan oleh bank turut mempengaruhi meningkatnya jumlah pemakaian kartu kredit. Kemudahan persyaratan, program diskon/promo belanja, pemberian bunga khusus, dan lain-lain seolah menghipnotis orang-orang untuk tergoda memiliki kartu kredit. Prosesnya pun terbilang cepat, rata-rata 14 hari kerja dari mulai pengajuan hingga kartu dikirim (jika disetujui). Setelah di aktivasi, bisa langsung digunakan baik untuk tarik tunai maupun belanja di semua merchant yang menerima pembayaran dengan kartu kredit yang menggunakan jaringan Mastercard/Visa.

Bagi kalian yang sudah mempunyai kartu kredit, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kartu kredit, yaitu :

  1. Pahami Batas Tanggal Transaksi

Setiap kartu kredit mempunyai batas tanggal transaki setiap bulannya atau sering disebut tangal cetak tagihan. Sebagai contoh kartu kredit Citibank menetapkan batas transaksi tiap tanggal 15. Artinya semua transaksi yang dilakukan sebelum tanggal 15 akan masuk/ditagihkan pada tagihan bulan berjalan. Sedangkan transaksi tanggal 15 atau sesudahnya akan ditagihkan pada bulan berikutnya. Dengan mengetahui batas tanggal transaksi, memudahkan kita untuk mengatur dan mempersiapkan dana untuk membayar tagihan.

  1. Hindari Pembayaran Dalam Jangka Waktu Lama

Yang harus dipahami, kartu kredit adalah hutang!! Sebagaimana hutang bank pada umumnya tentu akan dikenakan bunga bila kita tidak membayar seluruh tagihan. Rata-rata bunga kartu kredit saat ini berkisar antara 2% – 3 % per bulan yang dihitung secara majemuk berdasarkan umur hari dari sisa tagihan yang belum terbayar. Meskipun kita diperbolehkan membayar minimum sebesar 10% dari tagihan, namun sebaiknya kita hindari membayar dalam jangka waktu lama agar bunganya tidak semakin membengkak.

  1. Manfaatkan Program Diskon/Promo

Salah satu keunggulan dari kartu kredit adalah banyaknya program diskon yang ditawarkan oleh bank penerbit yang bekerja sama dengan beberapa merchant. Contoh pinjaman tunai dengan bunga rendah, diskon khusus untuk makan di restoran tertentu, cash back/point reward yang bisa dipotongkan di tagihan, maupun pembelanjaan dengan bunga 0% untuk cicilan tetap, penghapusan iuran tahunan dan sebagainya. Manfaatkan program ini dengan baik untuk menghindari tagihan yang membengkak, tetapi tetap sesuaikan dengan kebutuhan kita.

  1. Jangan Tergoda Limit Besar

Mendapat limit besar berarti kita diberi kepercayaan lebih oleh bank. Terlebih jika kita sudah memiliki kartu kredit dengan riwayat pembayaran bagus, bank-bank lain tidak akan segan memberikan kartu kredit dengan plafond yang lebih besar dari kartu kredit yang kita miliki. Selain godaan diri pribadi, resiko seperti kehilangan dan penyalahgunaan kartu kredit sebaiknya juga perlu dipertimbangkan jika memiliki kartu kredit dengan limit/plafond besar. Jadi sebaiknya jangan pernah tergoda dengan besarnya limit kartu jika rata-rata pemakaian kita tidak terlalu besar.

Memiliki kartu kredit memang memberikan kemudahan bagi kita khususnya dalam hal bertransaksi. Gak perlu repot-repot membawa uang tunai, terlebih di saat kita benar-benar tidak mempunyai uang sama sekali, kartu kredit bisa menjadi “penyelamat”. Namun tetap gunakan secara bijak ya, jangan sampai kita malah terjebak dalam lilitan tagihan kartu kredit di luar kemampuan finansial kita.

 

Salam Share,

Iklan

3 tanggapan untuk “Begini Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s