5 Kelebihan Membeli Kendaraan Secara Kredit

5 Kelebihan Membeli Kendaraan Secara Kredit

Animo masyarakat untuk  memiliki kendaraan pribadi masih sangat besar. Di tengah mobilitas yang begitu tinggi, bepergian dengan mengendarai kendaraan pribadi memang dianggap lebih praktis dibanding naik kendaraan umum. Hampir semua orang yang baru bekerja, membeli kendaraan pribadi masuk dalam list pertamanya. Tujuan utamanya adalah untuk kemudahan transportasi dari dan ke tempat kerja. Bahkan saat ini kecenderungan dalam satu keluarga mempunyai lebih dari satu kendaraan bermotor.

Ketika berencana membeli kendaraan bermotor kita bisa membelinya secara cash/tunai. Namun bila dana yang tersedia belum mencukupi, kita bisa pula membelinya secara kredit melalui bank/lembaga pembiayaan (leasing). Data dari MARS, sebuah lembaga riset di Indonesia menunjukkan bahwa selama tahun 2013 ada sekitar 81,2% pembeli mobil dan 95,7% pembeli motor membelinya melalui kredit dan sisanya membeli dengan cash/tunai. Sedangkan total kredit kendaraan bermotor yang disalurkan perusahaan multifinance selama 2013 adalah sebesar Rp 348 Triliun.

kreditgogo
Image : kreditgogo.com

Membeli kendaraan secara kredit memang lebih mudah, baik kendaraan baru atau bekas. Prosesnya akan dibantu oleh sales/dealer tempat kita membeli unit kendaraan. Mulai dari mengumpulkan persyaratan kredit, menghitung besarnya angsuran, hingga memilih bank/leasing. Selain itu ada beberapa kelebihan lainnya, antara lain :

  1. Uang Muka Ringan

Tahun 2012 batas uang muka minimum yang ditetapkan oleh pemerintah untuk kredit mobil adalah 30%, dan sepeda motor 25%. Kemudian di tahun 2015 batasan uang muka minimum diturunkan menjadi 25% untuk mobil dan 20% untuk pembelian sepeda motor. Penurunan batas uang muka ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan kredit kendaraan dan memudahkan masyarakat untuk memiliki kendaraan pribadi.

  1. Jangka Waktu Fleksibel

Selain suku bunga, jangka waktu juga mempengaruhi besar kecilnya angsuran tiap bulan. Saat ini jangka waktu angsuran kredit kendaraan bermotor bisa sampai 5 tahun sehingga memudahkan kita untuk menyesuaikan dengan kemampuan bayar.

  1. Free 1 Angsuran

Saat kita kredit kendaraan selama 12 bulan, kita cukup membayarnya dengan 11 angsuran. Begitu juga untuk jangka waktu 24 bulan dengan 23 angsuran, dan seterusnya. Ini yang membedakan antara kredit kendaraan bermotor dengan kredit lainnya.

  1. Momen Diskon

Sudah jadi rahasia umum apabila kita membeli kendaraan secara kredit diskon harganya lebih besar dibanding membeli tunai. Karena biasanya dealer akan mendapat fee/insentif dari perusahaan pembiayaan apabila mendapatkan pembeli yang bersedia membeli secara kredit.

  1. Asuransi

Ketika membeli kendaraan secara kredit secara otomatis kendaraan akan di cover asuransi All Risk/TLO selama jangka waktu kredit. Ini adalah program perlindungan kendaraan yang jadi satu dengan paket kredit.

Beberapa kelebihan tersebut membuat kredit kendaraan bermotor menjadi primadona di masyarakat. Industri pembiayaan diharapkan terus berinovasi memunculkan produk pembiayaan yang menarik sehingga memberikan banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan daya beli masyarakat.

 

Salam Share,

Iklan

4 tanggapan untuk “5 Kelebihan Membeli Kendaraan Secara Kredit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s