3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Menyusun Resolusi

3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Menyusun Resolusi

Tanpa terasa tahun 2015 sudah berlalu, dan kini kita mulai menyongsong tahun 2016 yang sudah di depan mata. Pesta perayaan tahun baru semalam digelar di berbagai sudut kota. Dan setiap menjelang pergantian tahun, kata yang paling sering didengar adalah “resolusi”. Setiap orang mengungkapkan resolusi yang ingin dicapainya di tahun baru. Ada banyak arti kata resolusi yang didefinisikan oleh para ahli bahasa. Saya contek salah satunya yang menurut saya paling pas. Resolusi adalah ketetapan hati, kebulatan tekat untuk mengambil sikap, melakukan tindakan, serta menunjukkan perilaku baru yang berbeda dengan sebelumnya.

New-Years-Resolutions

Setiap orang tentu mempunyai resolusi yang berbeda-beda. Harapannya tentu saja semua resolusi yang ditetapkan bisa tercapai. Resolusi ini umumnya lebih bersifat jangka pendek yang bisa segera dicapai dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Bisa dalam hal karir, pendidikan, keuangan, keluarga dan lainnya. Beberapa hal penting dalam menyusun sebuah resolusi adalah :

  1. Skala Prioritas

Mempunyai banyak perencanaan memang bagus. Ini menandakan bahwa kita orang yang dinamis dan berpandangan ke depan. Namun kita juga harus menyadari bahwa terlalu banyak rencana seringkali membuat kita kurang fokus dalam mencapai resolusi yang ditetapkan. Hal yang seharusnya penting malah jadi terabaikan. Tetapkan resolusi mana yang harus dicapai dalam waktu dekat sesuai dengan prioritas.

  1. Rasional

Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi adalah kita menyusun resolusi yang tidak masuk akal atau masih membutuhkan banyak tahapan sehingga sulit dicapai dalam waktu dekat. Memang tidak ada yang tidak mungkin bila kita mau berusaha. Tetapi kita harus bisa mengukur kemampuan diri sendiri. Tetapkan resolusi yang wajar (rasional), jangan terlalu muluk.

  1. Action

Hal paling utama dari semua resolusi yang telah dibuat adalah action! Sebuah resolusi hanya menjadi rencana-rencana besar bila tidak segera disertai dengan tindakan nyata. Mewujudkan resolusi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh komitmen pribadi dan usaha keras yang tak kenal lelah. Sehingga tanpa action, hanya akan menjadi resolusi semu.

Nah itu tadi sekelumit pembahasan tentang bagaimana menetapkan resolusi di tahun baru. Semoga bisa memberikan pencerahan dalam menyambut pergantian tahun. Semua orang memang perlu membuat perencanaan agar kehidupan di tahun mendatang bisa berkembang lebih baik. Kehidupan akan terus berjalan. Kita mau survive atau justru tergilas oleh kerasnya kehidupan sangat ditentukan oleh rencana kita di masa kini. Semoga kita bisa mewujudkan resolusi di tahun baru nanti. Selamat Tahun Baru 2016.

 

Salam Share,

Iklan

2 tanggapan untuk “3 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Menyusun Resolusi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s