Baru Bekerja, Baca 5 Hal Penting Setelah Menerima Gaji Pertama

Baru Bekerja, Baca 5 Hal Penting Setelah Menerima Gaji Pertama

Semua orang pasti pernah mengalami momen ini. Setelah bertahun-tahun bergelut di sekolah dan menggantungkan uang saku dari orang tua, menerima gaji pertama saat baru memasuki dunia kerja merupakan momen membanggakan atau mungkin juga mengharukan. Inilah fase dimana kita sudah mulai belajar mandiri secara ekonomi.

Beragam cara diekspresikan saat menerima gaji pertama. Ada yang diberikan kepada orang tua, mentraktir teman, sebagian diinfakkan di baitul maal dan sebagainya. Apapun itu,yang pasti hal tersebut dilakukan sebagai ucapan syukur karena sudah mendapatkan pekerjaan. Tidak peduli besar kecilnya gaji pertama. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu dilakukan pasca menerima gaji pertama.

uang-11
Terima Gaji

Pertama, jangan dihabiskan. Tetap sisakan untuk biaya hidup minimal satu bulan ke depan. Bagaimanapun juga kita perlu alokasikan untuk pengeluaran biaya makan dan transport sampai tanggal gajian berikutnya.

Kedua, jaga gaya hidup. Hal yang sering terjadi setelah menerima gaji pertama kita sering terseret dalam perubahan gaya hidup. Belanja barang mewah, makan di tempat mahal, sampai godaan berhutang. Boleh dilakukan asal dalam tingkatan yang wajar,sesuai dengan tingkat pendapatan dan kebutuhan kita tentunya.

Ketiga, mulai menabung. Menikmati uang dari hasil jerih payah sendiri memang perlu. Cukup sudah euforia gaji pertama. Next, mulailah menyusun anggaran menabung. Ini sangat penting karena seringkali muncul kebutuhan-kebutuhan tak terduga. Disamping itu menabung juga sebagai bagian untuk mempersiapkan rencana-rencana masa depan.

Keempat, profesional. Sah-sah saja jika kita menetapkan standar gaji sendiri. Namun kesalahan yang sering terjadi adalah kita menganggap bahwa gaji yang kita terima terlalu kecil bila dibandingkan dengan tingkat pendidikan, beban pekerjaan dan faktor lainnya. Padahal perusahaan mempunyai standar sendiri yang disesuaikan dengan kemampuan finansial perusahaan. Bukankah masalah gaji sudah dijelaskan pada proses rekruitmen. Jadi, bersikaplah profesional.

Kelima, ambil keputusan. Masa 1-6 bulan pertama adalah masa adaptasi dengan lingkungan pekerjaan. Baik itu yang berkaitan dengan gaji, beban dan tanggung jawab pekerjaan, peraturan perusahaan, suasana kerja, dan sebagainya. Setelah menerima gaji pertama, karyawan baru biasanya akan memutuskan akan bertahan atau mengundurkan diri. Segera ambil keputusan, karena ini akan berpengaruh pada produktivitas kerja ke depan.

 

 

Salam Share,

 

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Baru Bekerja, Baca 5 Hal Penting Setelah Menerima Gaji Pertama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s