Saldo Tabungan Menyusut, Inilah Macam-Macam Biaya Yang Mengurangi Saldo Tabungan

Saldo Tabungan Menyusut, Inilah Macam-Macam Biaya Yang Mengurangi Saldo Tabungan

Hari gini siapa yang belum punya tabungan di bank? Selain menyalurkan kredit, salah satu fungsi perbankan adalah menghimpun dana masyarakat yaitu melalui produk tabungan. Dan di era modern sekarang ini hampir semua orang pasti sudah memiliki rekening tabungan untuk menunjang aktivitas ekonominya. Kalau dulu untuk mengirim uang ke luar kota, orang tua kita masih mengandalkan wesel dengan proses pengiriman yang lama, sekarang dengan adanya rekening tabungan proses pengiriman uang menjadi lebih mudah dan cepat. Kelebihan lain menabung di bank adalah banyaknya penawaran program hadiah yang ditawarkan oleh tiap-tiap bank dan uang kita aman, karena untuk saldo sampai dengan Rp 2 Miliar, sesuai ketentuan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

tabungan bri britama dan simpedes
Produk Tabungan Bank

Namun salah satu hal yang perlu dipahami ketika kita menabung di bank, setiap bulan bank akan membebani kita dengan biaya-biaya yang dipotongkan dari saldo tabungan. Besarnya bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing bank. Sebagian orang yang baru mengenal perbankan mengeluh, ketika beberapa bulan tidak menabung saldonya justru malah berkurang dan lama-lama habis karena terpotong biaya administrasi. Nah apa saja biaya-biaya yang mengurangi saldo tabungan, ini diantaranya yang perlu kita ketahui :

  1. Biaya Administrasi Bulanan

Biaya administrasi akan dipungut tiap bulan oleh bank tiap bulan sebagai pendapatan tetap atas layanan bank. Beberapa bank membedakan besarnya biaya ini berdasarkan produk tabungan. Contoh tabungan umum, pelajar, haji, dsb. Atau berdasarkan kepemilikan jenis kartu ATM yang dikehendaki nasabah seperti kartu regular, gold, platinum, dll. Baca juga : Jangan Gunakan PIN ATM Ini Agar Rekening Tidak Mudah Dibobol

  1. Pajak Atas Bunga

Sampai saat artikel ini ditulis, sesuai aturan perpajakan, pajak atas bunga tabungan atau deposito di atas Rp. 7.500.000 (Tujuh Juta Lima Ratus Ribu ) wajib dikenakan pajak penghasilan (Pph) sebesar 20% dari bunga yang diterima yang dipotong oleh bank bersangkutan.

  1. Biaya Transaksi Antar Bank (Transfer)

Saat ini seluruh jaringan antar bank terutama di Indonesia sudah terkoneksi secara online. Apabila kita menggunakan fasilitas transfer antar rekening ke bank lain, maka bank akan mengenakan biaya tambahan di luar biaya administrasi bulanan.

  1. Biaya Transaksi Rutin (autodebet)

Fasilitas lain yang akan dikenakan biaya tambahan yaitu transfer antar rekening, pembayaran tagihan listrik, air, kartu kredit dan pengeluaran lain secara rutin dan dipotong dari saldo tabungan (autodebet). Biaya ini sifatnya opsional, artinya hanya dikenakan bila kita menghendaki fasilitas autodebet tersebut setelah melalui proses registrasi terlebih dahulu.

  1. Biaya Saldo Mengendap (Pasif)

Ada batas nominal saldo mengendap yang harus disisakan ketika kita hendak mengambil uang dari tabungan agar status tabungan kita masih aktif hingga beberapa waktu ke depan.

  1. Biaya Penutupan Rekening

Biaya ini dikenakan ketika menutup rekening dan dipotongkan dari saldo terakhir yang akan dibayarkan pada nasabah.

Saat ini bank-bank terus berinvestasi mengeluarkan dana yang besar untuk membuka cabang dan mengembangkan jaringan  teknologi IT-nya guna memberikan layanan maksimal kepada nasabah, sehingga biaya-biaya administrasi tersebut cukup beralasan. Di satu sisi biaya-biaya tersebut memang membebani kita sebagai nasabah. Namun secara umum kita masih merasakan manfaat yang jauh lebih besar dengan menabung di bank, yaitu kemudahan bertransaksi,keamanan dan fasilitas jasa layanan perbankan lainnya. Dan saat ini beberapa bank berlomba mengeluarkan produk-produk tabungan dengan biaya administrasi yang seminimal mungkin, sehingga kita sebagai nasabah mempunyai banyak pilihan. Selamat Menabung….!!!

 

Salam Share,

 

 

Iklan

8 tanggapan untuk “Saldo Tabungan Menyusut, Inilah Macam-Macam Biaya Yang Mengurangi Saldo Tabungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s