Ini 4 Langkah Pede Menghadapi Senioritas Di Tempat Kerja

Ini 4 Langkah Pede Menghadapi Senioritas Di Tempat Kerja

Personal Tips – Senioritas seringkali kita jumpai di setiap lingkungan kerja. Barangkali kita juga pernah menghadapi situasi seperti ini di tempat bekerja. Masuk dalam lingkungan kerja baru ketika mulai diterima bekerja di suatu perusahaan, maupun ketika dipindah atau dimutasikan ke bagian lain kita akan berhadapan dengan orang-orang lama yang posisinya sederajat dan sudah terlebih dahulu berada di bagian tersebut atau biasa disebut senior. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) senioritas adalah keadaan lebih tinggi dalam pangkat, pengalaman dan usia, prioritas status atau tingkatan yang diperoleh dari umur atau lamanya bekerja.

salaman
Tips Menghadapi Senioritas

Menjadi “orang baru” seringkali menghadapi tantangan tersendiri yang bisa membuat nyali ciut. Para senior pasti akan me-underestimate kemampuan kita, meragukan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja kita, bullying, dan berbagai stigma negatif lainnya. Namun jangan khawatir, kita tidak perlu minder dan tetap harus percaya diri. Ini hanya situasi sesaat yang memang wajar terjadi dan dialami oleh semua karyawan baru. Selanjutnya akan bergantung pada diri kita sendiri, seberapa cepat kita bisa menyatu dalam tim dan bisa menunjukkan kapasitas individu kita. Nah, kali ini saya ingin berbagi tips beberapa langkah tepat dalam menghadapi senioritas di tempat kerja berdasarkan pengalaman pribadi maupun beberapa konseling yang pernah saya ikuti. Apa saja, mari kita bahas satu per satu.

Bersahabatlah

Seperti peribahasa “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Untuk bisa menyatu dalam tim, sebagai orang baru harus berusaha mengenal satu per satu karakter anggota tim dan mengakrabkan diri dengan mereka. Ciptakan first impression yang baik. Dengan cara itu kita bisa lebih diterima dan menghapus stigma negatif secara perlahan.

Tunjukkan Kemampuan

Sebagai orang baru, para senior pasti akan mengamati kinerja kita. Seberapa cepat cara kerja kita dalam menyelesaikan beban pekerjaan. Tunjukkan integritas dan kemampuan kerja kita. Tunjukkan kalau kita memang pantas dan bisa diandalkan dalam tim. Munculkan strategi dan terobosan-terobosan baru (inovasi) dalam tim.

Menegur Yang Baik

Setelah sekian lama kerja bareng dengan para senior, mungkin ada beberapa cara kerja dari senior kita yang tidak sesuai dengan SOP perusahaan. Tanpa bermaksud menjadi seorang yang idealis atau sok pintar, menegur senior harus dilakukan secara santun. Jangan sampai merusak suasana kerja yang sudah kondusif.

Fair Competition

Ketika perusahaan membuka lowongan promosi jabatan yang bisa diikuti oleh semua orang, maka akan tercipta sebuah kompetisi dalam tim. Bersainglah secara sehat tanpa harus menjatuhkan orang lain, menilai jelek kinerja seseorang di depan atasan, dll. Sehingga ketika karir kita lebih melesat dibanding senior kita tetap mendapat apresiasi yang positif.

Semoga beberapa tips tadi berguna bagi kita dalam menghadapi senioritas ketika masuk di tempat kerja yang baru.

Salam Share,

Iklan

Satu tanggapan untuk “Ini 4 Langkah Pede Menghadapi Senioritas Di Tempat Kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s