Syarat Agar Pengajuan Kredit Tidak Ditolak Bank. Nomor 4 Yang Paling Penting!!!

Syarat Agar Pengajuan Kredit Tidak Ditolak Bank. Nomor 4 Yang Paling Penting!!!

Syarat Kredit – Sebagaimana kita ketahui bersama salah satu fungsi bank adalah sebagai penyalur kredit. Bagi bank, kredit bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi sebagai sumber pendapatan bunga. Namun bila kualitas kredit memburuk (macet), bisa juga menimbulkan kerugian. Karena itu bank akan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menyalurkan kredit yaitu dengan menetapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam (debitur).

va-mortgage-application-forms
Pengajuan Kredit Disetujui Bank

Masih banyak yang beranggapan bahwa mengajukan kredit di bank itu sulit, prosedur yang berbelit, bahkan seringkali ditolak bank. Sebenarnya anggapan seperti itu tidak sepenuhnya benar. Agar pengajuan kredit tidak ditolak bank, ada beberapa persyaratan yang perlu kita perhatikan ketika hendak mengajukan kredit di bank yaitu :

1. Data Identitas

Dokumen identitas seperti ktp, kartu keluarga, pas foto adalah persyaratan utama dalam setiap pengajuan kredit. Ini adalah bagian dari prosedur bank dalam menjalankan prinsip dasar mengenal nasabah, know your custumer (KYC). Bank akan melakukan verifikasi atas keabsahan dokumen identitas calon nasabah seperti nama, nomor dan masa berlaku ktp, alamat dan kode pos, dan susunan anggota keluarga. Pastikan data identitas kita lengkap dan sesuai persyaratan agar tidak ditolak oleh bank. Untuk pengajuan kredit usaha, bank akan menambahkan persyaratan data identitas usaha seperti SIUP,TDP dan NPWP badan usaha.

2. Data Keuangan

Untuk memastikan bahwa kita mampu membayar angsuran tepat waktu, bank akan meminta data keuangan kita. Biasanya bank akan meminta slip gaji (khusus pegawai), print out rekening tabungan atau catatan transaksi usaha (untuk non pegawai/wiraswasta). Selanjutnya bank akan melakukan analisa secara mendetail untuk menilai kita layak atau tidak. Pastikan kita mempunyai data tersebut untuk menunjukkan pada bank bahwa kita mempunyai kemampuan finansial yang cukup.

3. Agunan

Ketersediaan agunan (colateral) menjadi salah satu pertimbangan bank dalam mengucurkan kredit. Bank akan menilai agunan/jaminan ini sebagai faktor pengurang resiko apabila nasabah mengalami gagal bayar (wanprestasi) atas kredit yang diberikan. Ada juga jenis kredit tanpa agunan (KTA). Namun biasanya bunganya jauh lebih tinggi dibanding kredit yang mensyaratkan agunan. Sediakan agunan yang memenuhi kriteria pihak bank apabila memang dipersyaratkan agar pengajuan kredit kita tidak ditolak oleh bank.

4. Riwayat Pinjaman Bank

Bank akan melakukan pengecekan data setiap calon debitur di Sistem Informasi Debitur (SID) yang disediakan oleh Bank Indonesia. Melalui SID BI atau sering juga disebut BI Checking, dapat diketahui ada tidaknya riwayat pinjaman di bank. Data ini sangat penting sebagai pertimbangan pihak bank dalam mengucurkan kredit. Apabila kita mempunyai data pinjaman macet di bank lain, sudah pasti bank manapun akan segera menolak setiap permohonan kredit kita. Selain itu dapat juga mengetahui total eksposure (outstanding) kredit calon debitur yang ada di bank lain. Semakin besar atau banyak kredit di bank lain, tentu akan berpengaruh pada beban angsuran setiap bulannya. Bank akan menganalisa, apakah calon debitur masih mempunyai kemampuan bayar apabila di berikan kredit baru.

5.Tujuan Penggunaan Kredit

Ada banyak jenis kredit perbankan sesuai dengan tujuan penggunaannya. KPR untuk pembelian rumah, KKB untuk pembelian kendaraan bermotor, Kredit Usaha untuk modal kerja usaha, Kredit Konsumsi untuk keperluan multiguna dan sebagainya. Pastikan kredit yang kita ajukan sesuai dengan segmen kredit dan tujuan penggunaannya.

6. Maksimum Kredit

Setelah melakukan analisa, bank akan menetapkan maksimum plafond kredit calon debitur. Approval plafond kredit bisa sesuai dengan pengajuan, namun kadangkala lebih kecil dari permohonan kredit, sepenuhnya adalah kewenangan pihak bank. Sebaiknya kita tidak perlu memaksakan plafond lebih besar dari yang sudah disetujui, karena bank pasti akan menolaknya karena bertentangan dengan prosedur internal bank dengan mempertimbangkan faktor resiko kredit.

 

Salam Share,

Iklan

4 tanggapan untuk “Syarat Agar Pengajuan Kredit Tidak Ditolak Bank. Nomor 4 Yang Paling Penting!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s