Bagaimana Mengembangkan Usaha Sampingan Dari Hobi

Bagaimana Mengembangkan Usaha Sampingan Dari Hobi

Sebagaimana pernah dibahas di artikel sebelumnya tentang business on passion, hobi bisa dikembangkan menjadi usaha sampingan yang menarik. Mempunyai hobi memang seperti memiliki harta karun terpendam. Tergantung pada bagaimana kita bisa memaksimalkan hobi kita. Jadi, bila kita mempunyai hobi fotografi, menulis, memasak, bikin kue atau apapun, bisa kita kembangkan menjadi bisnis yang menggiurkan lho.

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan seorang teman, sebut saja David. Seperti biasa ketika bertemu teman banyak hal yang kita obrolkan, mulai dari pekerjaan, keluarga dan bisnis. Singkat cerita disamping kerja sebagai tenaga honorer di salah satu instansi pemerintah, saat ini dia sedang menjalankan usaha berjualan gitar handmade (buatan tangan). Ya, sepengetahuan saya sejak dulu dia memang mempunyai hobi bermain gitar, jadi wajar jika saat ini dia menjadikan gitar sebagai usaha sampingannya. Dan hasilnya pun sudah berkali-kali lipat dari gaji yang dia dapatkan setiap bulannya.

start side bisnis
Tips Mengembangkan Usaha Sampingan

Ada beberapa tips menarik dari pengalaman teman saya tentang bagaimana mengembangkan usahanya yang bemula dari hobi yang ingin saya share di artikel minggu ini, diantaranya :

1. Tetapkan Pilihan

Beberapa orang menekuni hobi ala kadarnya hanya untuk mencari kepuasan sendiri. Ada juga yang menekuni secara profesional dengan menjadi atlit, chef, penulis buku, dll. Ada pula yang mempunyai motif ekonomi lain, yaitu dengan menjual segala sesuatu yang berhubungan dengan hobinya seperti membuka toko perlengkapan olah raga, alat musik, perlengkapan fotografi, dan sebagainya. Jadi, tetapkan pilihan yang tepat atas hobi yang kita tekuni. Karena ini berpengaruh pada langkah selanjutnya.

2. Pilih Segmen

20160210_143815_resized
Beberapa Stok Gitar Handmade Pesanan Pembeli

Kenapa harus gitar handmade? Karena gitar ini peminatnya cukup banyak. Harganya pun relatif terjangkau. Gitar paling murah sekaligus paling laris dibandrol dengan harga Rp. 175 ribu. Sedikit penjelasan tentang latar belakang usaha teman saya. Begitu juga dengan bisnis yang lain. Kita mungkin akan dihadapkan dengan pilihan untuk menjual dengan harga murah dan diminati banyak orang atau sebaliknya. Buat apa menjual barang yang mahal jika itu hanya menumpuk di gudang persediaan. Tidak masalah menjual barang yang mahal asalkan kita sudah menemukan pangsa pasar tersendiri. Jadi, tentukan segmen yang tepat ketika ingin memulai usaha dari hobi.

3. Gabung Komunitas

Dalam bisnis, jika ingin sukses kita tidak bisa jalan sendiri. Kita perlu bantuan dari orang lain. Inilah pentingnya sebuah komunitas. Dengan bergabung dalam sebuah komunitas usaha yang sama, kita bisa saling berkomunikasi, mengetahui perkembangan baik yang berkaitan dengan model produk terbaru, harga, info event pameran, dan sebagainya. Selain itu dengan bergabung dalam komunitas bisa menambah jaringan pertemanan dan potensi pasar.

4. Cari Rekanan Yang Baik

Apapun bisnis yang kita jalankan, butuh rekanan yang bisa dipercaya. Baik itu pengrajin, pemasok bahan baku, jasa pengiriman barang, toko-toko penjualan, dll. Karena  ini berkaitan dengan kualitas dan kepercayaan pelanggan. Pengalaman teman saya, dia sengaja mencari pengrajin gitar handmade dari Solo yang sudah teruji kualitasnya, baik dari segi bahan maupun modelnya. Jalin hubungan yang baik dengan semua rekanan bisnis, karena ini akan berpengaruh pada kelangsungan usaha kita nantinya.

Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa saya share minggu ini. Semoga bermanfaat buat yang ingin merintis dan mengembangkan bisnis sampingan dari hobi. Asal ditekuni dengan baik, dapat memberikan tambahan penghasilan yang lumayan.

 

Salam Share,

Iklan

10 tanggapan untuk “Bagaimana Mengembangkan Usaha Sampingan Dari Hobi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s