Lima Hal Penting Yang Perlu Dihindari Saat Menjalankan Toko Online

Lima Hal Penting Yang Perlu Dihindari Saat Menjalankan Toko Online

Toko Online – Sebagaimana pernah dibahas di artikel sebelumnya, saat ini toko online (online shop) termasuk salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Terlebih dengan perkembangan dunia digital dan internet, ditunjang gaya hidup masyarakat yang serba praktis, membuat keberadaan toko online begitu pesat. Semua orang bisa memulai bisnis ini tanpa harus membutuhkan modal yang besar. Bisa dijalankan kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet. Baca :  5 Peluang Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Karyawan.

Inti dari berbisnis toko online adalah kepercayaan. Orang bersedia membeli produk lalu mentransfer sejumlah uang untuk pembayaran hanya berdasarkan promosi melalui media online. Sekali saja kita menciderai kepercayaan customer, jangan harap mereka akan membeli produk kita lagi. Untuk menjaga kepercayaan customer,  ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari ketika menjalankan toko online, antara lain:

  1. Produk Tidak Sesuai

Kekecewaan yang paling sering dialami oleh customer toko online adalah produk yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Maklumlah, biasanya mereka hanya bermodalkan melihat gambar atau foto produk melalui social media atau gadget dari penjual. Begitu barang diterima, ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi (harapan) mereka. Untuk itu lengkapi foto-foto produk dengan deskripsi yang jelas sehingga memudahkan konsumen dalam mengamati produk tersebut. Jangan menjual produk buta kepada customer. Terlebih untuk produk-produk kesehatan, berikan penjelasan terperinci mengenai dosis, cara pemakaian, dan batasan-batasan pemakaiannya. Baca juga : Inilah Kategori Produk Yang Paling Sering Dicari Di Toko Online

  1. Pengiriman Yang Lama

Sebelum melakukan transaksi pembayaran, biasanya customer akan menanyakan berapa lama waktu pengiriman. Berikan estimasi yang tepat perihal rentang waktu pengiriman, karena ini menyangkut kepercayaan customer. Lamanya pengiriman sangat bergantung pada perusahaan jasa pengiriman (courier service) yang kita gunakan. Beberapa toko online dianggap melakukan penipuan karena barang tak kunjung datang. Untuk itu kita perlu memilih jasa pengiriman yang handal agar barang bisa segera terkirim sesuai waktu yang diperkirakan. Ada baiknya juga bila kita menyediakan opsi pengiriman regular dan kilat untuk memberikan pilihan kepada customer.

  1. Testimoni Palsu
IMG_20160217_210659
No..No…No!!! Gunakan Etika Berbisnis Yang Baik

Salah satu strategi untuk menggaet pembeli baru adalah dengan menampilkan testimoni para customer yang telah membeli produk kita melalui profil picture messenger, social media, atau website. Cara ini memang efektif, untuk menunjukkan bahwa bisnis kita memang berjalan dan produk kita laku. Testimoni ini akan membuat orang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk kita dan akhirnya mencoba membeli. Namun jangan sekali-sekali mencoba menampilkan testimoni palsu, karena akan berdampak pada ketidakpuasan dan kepercayaan pelanggan. Bahkan testimoni palsu ini bisa menyeret kita pada tindakan kriminal.

  1. Website Tidak Update

Apabila kita memasang website untuk toko online, usahakan website tersebut selalu update untuk dijadikan sebagai referensi bagi calon pembeli/pelanggan. Melalui website ini mereka bisa mengecek produk kita, baik tentang varian produk, harga, ketersediaan stok barang, dan sebagainya. Jangan pasang produk yang sudah tidak lagi kita jual atau harga yang tidak sesuai, karena ini akan membuat orang malas untuk melihat lagi website kita. Baca juga : Daftar Produk Yang Paling Laku Dijual di Toko Online

  1. Slow Response

Sebelum membeli produk, biasanya customer ingin berkomunikasi berkaitan produk tersebut. Hal yang paling sering kita rasakan adalah customer terlalu sering mengajukan pertanyaan yang bertele-tele tapi tidak kunjung membeli, sehingga kita malas menanggapinya lagi. Sebaiknya segera tanggapi setiap pertanyaan customer. Mungkin kita tidak bisa bertatap muka langsung dengan calon pembeli. Tunjukkan rasa respek terhadap para customer kita. Terlebih untuk mereka yang sudah melakukan konfirmasi pembayaran. Komunikasi yang baik akan memberikan kenyamanan dan kepuasan customer saat membeli produk kita.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis toko online kita tetap berkelanjutan. Semoga bermanfaat.

Salam Share,

Iklan

3 tanggapan untuk “Lima Hal Penting Yang Perlu Dihindari Saat Menjalankan Toko Online

  1. Menjalankan bisnis online harus didasarkan pada profesionalisme tinggi, karena sekali costumer kecewa gak bakalan balik lagi, karena sangat banyak toko online lain yang bisa jadi referensi. Lima hal di atas memang wajib untuk dihindari agar profesionalisme toko online terjaga

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s