Apa Jadinya Blog Tanpa Social Media?

Apa Jadinya Blog Tanpa Social Media?

Dunia tulis menulis melalui media online atau biasa kita sebut blogging dari tahun ke tahun menunjukkan trend meningkat. Saat coba browsing, jumlah blogger di Indonesia saat ini sudah mencapai lebih dari 5 juta blogger dan secara keseluruhan ada lebih dari 181 juta blogger di seluruh dunia. Tiap saat bermunculan blogger-blogger baru dengan tema blog yang beragam. Tips kesehatan, bisnis, IT, Sport, Education, maupun blog pribadi yang hanya bercerita tentang aktivitas keseharian penulisnya. Masing-masing blog akan memiliki “audiens” nya sendiri dan menjadi pengikut setia (follower) blog tersebut.

Salah satu faktor yang menyuburkan dunia blogging saat ini adalah kemudahan akses internet khususnya melalui smartphone. Faktor lain yaitu dengan kemunculan banyak platform social media seperti facebook, twitter, google+,tumblr, dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi artikel/tulisan. Ya, salah satu cara agar blog tetap eksis adalah dengan berbagi melalui akun social media.  Sebelum kemunculan social media,para blogger berbagi artikel melalui email ke teman/rekan bisnis/keluarga ataupun orang-orang yang dikenal. Selebihnya mereka hanya mengandalkan keyword pada mesin pencari browser. Tentu saja kondisi ini membuat perkembangan dunia blogging terasa lambat. Dan hanya satu dua blog saja yang bisa terkenal.

Kini dengan kemunculan beberapa platform social media, para blogger seperti menemukan banyak tempat untuk memperkenalkan blognya. Template di blogspot maupun wordpress yang selama ini sering digunakan untuk membuat blog juga turut menyesuaikan dengan menyediakan ikon atau tombol berbagi artikel ke berbagai akun social media. Ada beberapa fungsi akun social media yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger, diantaranya :

  1. Share Artikel
Share (1)
Tombol share ke akun sosial media

Setelah menulis sebuah artikel dan menayangkannya (posting) di blog, langkah selanjutnya adalah kita share di akun social media kita. Beritahukan pada semua orang yang ada di jaringan pertemanan kita sekaligus sebagai media promosi gratis untuk memperkenalkan blog kita.

  1. Sumber Trafik

Dalam dunia blogging, jumlah pengunjung (traffic) adalah segalanya. Semakin banyak yang berkunjung akan membuat blog kita semakin dikenal banyak orang. Jumlah pengunjung yang tinggi juga bisa menambah semangat kita untuk terus menulis.

  1. Reshare

Jangan kuatir bila jumlah teman di akun social media kita sedikit. Karena ketika beberapa orang me-reshare tulisanmu, secara tidak langsung dia juga membaginya ke orang-orang di jaringan pertemanannya. Inilah kedahsyatan social media yang membuat dunia blogging terasa mengasyikkan.

  1. Blog Walking

Akun social media tidak hanya untuk menulis status saja. Melainkan kita juga bisa membaca artikel blog lain yang di share teman kita. Bagi pemilik blog tentunya akan membuat blognya semakin dikenal.

  1. Menambah Follower

Ketika beberapa orang sering membaca artikel blog kita dan menganggapnya menarik, mereka akan bersedia menjadi pengikut (follower) dan pembaca setia blog kita. Untuk itu upayakan untuk terus memberikan konten yang menarik buat pembaca blog kita.

Jadi menurut saya, tanpa social media dunia blogging mungkin tidak akan berkembang se-massive seperti sekarang. Sebagian besar blog akan menjadi sulit untuk dikenali banyak orang karena keterbatasan media untuk mempromosikannya. Happy writing and always share to your social media guys….

 

Salam Share,

 

 

Iklan

3 tanggapan untuk “Apa Jadinya Blog Tanpa Social Media?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s