Alasan Utama Mengapa Harus Punya Penghasilan Sampingan

Alasan Utama Mengapa Harus Punya Penghasilan Sampingan

Bekerja dan mendapatkan gaji tinggi adalah idaman semua orang. Tak heran tiap diadakan event bursa kerja di manapun selalu penuh sesak dijejali oleh para pencari kerja. Semuanya berlomba dan bersaing dengan pelamar lainnya untuk bisa diterima di perusahaan yang dilamarnya serta berharap bisa mendapat gaji yang tinggi. Namun seringkali gaji yang diterima tidak sesuai harapan karena setiap perusahaan punya kemampuan finansial dan standar gaji yang berbeda-beda. Sehingga meskipun sudah mempunyai pekerjaan dan gaji tetap, hampir sebagian besar orang masih termotivasi untuk mencari penghasilan sampingan di luar gaji utamanya.

Mencari tambahan penghasilan ini sah-sah saja asal dengan cara-cara yang halal ya, bukan dengan korupsi uang perusahaan lho. Dan yang paling penting tidak mengganggu pekerjaan utama. Misalnya dengan mempunyai usaha sampingan, menjalankan pekerjaan sampingan (freelance) di sela-sela hari libur, atau dengan kerja lembur untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Baca : coba 5 peluang usaha sampingan yang cocok bagi karyawan

stuffparentslikedotcom__resized
Perlunya Mempunyai Penghasilan Sampingan/ image @stuffparents.com

Dari sejumlah pengamatan dan pengalaman pribadi tentunya, ada beberapa alasan utama yang melatarbelakangi seseorang untuk mempunyai penghasilan sampingan di luar gaji utamanya, diantaranya :

  • Gaji Kecil

Alasan pertama yang sering menjadi motivasi sebagian besar orang untuk mencari penghasilan sampingan adalah gaji kecil. Besar atau kecilnya gaji memang relatif, tapi biasanya diukur dari batasan standar upah minimum di masing-masing kota/kabupaten (UMK). Ya, namanya saja upah minimum, tentunya hanya cukup untuk biaya hidup minimum sehari-hari saja. Terlebih lagi yang gajinya masih di bawah umk.

  • Single Income

Single income menjadi alasan berikutnya. Mungkin gaji kita sudah relatif besar, tapi karena istri tidak bekerja atau para wanita karir yang menjadi single parent, dan anak-anak yang semakin tumbuh dewasa membuat kebutuhan semakin meningkat dan memotivasi sebagian orang untuk mencari penghasilan tambahan.

  • Kerja Jauh Dari Keluarga

Apa jadinya ketika kita bekerja di luar kota dan jauh dari keluarga. Tentunya akan menjadi cost tersendiri untuk biaya hidup sehari-hari dan mencadangkan biaya transportasi jika sewaktu-waktu ingin pulang ke rumah. Kita harus siap berbagi dua “dapur”. Sehingga dengan mempunyai penghasilan sampingan, beban tersebut akan terasa ringan.

  • Masa Depan Perusahaan

Alasan berikutnya berkaitan dengan masa depan perusahaan. Tidak ada yang bisa menjamin kelangsungan bisnis perusahaan di masa mendatang. Semuanya sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, persaingan bisnis, sosial politik, dan lain-lain. Dengan mempunyai penghasilan sampingan, berarti kita sudah mempersiapkan diri jika suatu saat perusahaan bangkrut atau terjadi pengurangan pekerja (PHK).

  • Gaya Hidup

Ya, setelah bekerja dan punya penghasilan seringkali merubah gaya hidup (life style) seseorang. Membeli gadget baru, barang-barang branded, atau kebiasaan nongkrong di kafe bareng teman-teman tentunya akan sangat menguras gaji bulanan. Ini mungkin menjadi salah satu alasan yang kontroversial dan cenderung ke pemborosan. Namun kenyataannya hal ini memang terjadi. Beberapa orang rela mencari penghasilan sampingan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya.

Itu tadi beberapa alasan yang paling sering diungkapkan mengapa harus punya penghasilan sampingan. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.

 

Salam Share,

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “Alasan Utama Mengapa Harus Punya Penghasilan Sampingan

  1. . http://jos.co.id/ memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis/usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau. Anda juga akan mendapatkan peningkatan ratting web, strategi pemasaran online yang baik dan benar, SEO (memaksimalkan situs di Search Engine), promosi lewat digital marketing, pendampingan private bisnis online yang tersegmen & tertarget, maintenance 1 tahun, konsultasi gratis dan pendampingan gratis

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s