6 Aset Berharga Yang Bisa Dijadikan Agunan Kredit Di Bank

6 Aset Berharga Yang Bisa Dijadikan Agunan Kredit Di Bank

Sebagaimana kita ketahui bersama, salah satu persyaratan yang seringkali harus dimiliki ketika hendak mengajukan kredit di bank adalah agunan/jaminan. Meskipun ada juga kredit yang tanpa agunan, namun secara umum produk kredit perbankan masih mensyaratkan adanya agunan. Dalam istilah perbankan, agunan disebut juga collateral yang merupakan salah satu aspek dalam analisa  5’C tentang penilaian kelayakan pemberian kredit yaitu character,capacity,capital, collateral dan condition.

Fungsi agunan adalah untuk memberikan kepercayaan pada bank bahwa apabila di kemudian hari terjadi penurunan kemampuan finansial, calon debitur (peminjam) masih sanggup melunasi kreditnya dengan menjual agunannya. Dengan kata lain, agunan berfungsi sebagai faktor pengurang resiko kredit jika nantinya terjadi wanprestasi/ketidakmampuan membayar. Baca juga : Syarat Agar Pengajuan Kredit Tidak Ditolak Bank.

Agunan yang bisa dijaminkan di bank harus mempunyai nilai ekonomis sehingga dapat mencover kredit yang diberikan. Bisa atas nama sendiri atau pihak lain sesuai ketentuan masing-masing bank. Bank nantinya akan melakukan penilaian sesuai nilai pasar wajar atas agunan yang diserahkan calon debitur.

Ada beberapa macam aset berharga yang bisa dijadikan agunan kredit di bank, diantaranya:

1.Emas

IMG_20151207_062518
Agunan Kredit Emas Logam Mulia

Emas yang bisa dijadikan agunan kredit adalah emas batangan logam mulia. Emas ini nantinya akan disimpan di bank sampai dengan kredit lunas. Besarnya kredit ditetapkan berdasarkan prosentase tertentu dari nilai pasar emas saat ini. Bank-bank syariah pada umumnya mempunyai produk kredit dengan jaminan emas (gadai emas).

2.Rekening Tabungan

tabungan bri britama dan simpedes
Di saat mendesak, rekening tabungan bisa dijadikan agunan kredit

Beberapa bank seperti bank BRI mempunyai produk kredit dengan jaminan rekening tabungan/deposito dengan minimum saldo tertentu (cash collateral). Saldo rekening yang dijadikan agunan akan diblokir sampai dengan kredit lunas. Maksimum kredit tentunya tergantung pada besarnya saldo tabungan/deposito.

3.BPKB Kendaraan

kreditgogo
Agunan Kredit BPKB Kendaraan

Bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKB) juga bisa dijadikan sebagai agunan kredit. Karena faktor penyusutan pada kendaraan, biasanya bank akan menetapkan batasan tahun kendaraan. Selanjutnya terhadap BPKB  ini akan dilakukan pengikatan jaminan dan disimpan di bank sampai dengan kredit lunas.

4.Surat Kepemilikan Stand/Kios

Untuk para pedagang yang mempunyai stand/kios resmi di pasar, milik sendiri dan bukan sewa biasanya mempunyai surat bukti kepemilikan stand/kios. Surat ini bisa dijadikan sebagai agunan kredit usaha. Karena stand/kios tersebut juga mempunyai nilai ekonomis dan bisa diperjualbelikan pada pihak lain.

5.Sertifikat

Jenis-Jenis-Sertifikat-Kepemilikan-Lahan-Atau-Rumah
Contoh sertifikat yang bisa dijadikan agunan kredit

Ini merupakan agunan yang paling umum digunakan. Sertifikat adalah bukti kepemilikan atas tanah dan bangunan. Sertifikat ada yang berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Pihak bank terlebih dahulu akan melakukan survey ke lokasi agunan dan pengecekan ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait keabsahan sertifikat.

6.SK Pegawai/Pensiun

SK Pegawai/Pensiun merupakan surat keputusan bahwa seseorang telah diangkat sebagai pegawai atau menerima hak pensiun dari suatu instansi/perusahaan. Berbeda dengan agunan yang lain, SK pegawai/pensiun bukan merupakan bukti kepemilikan aset fisik. Namun SK ini juga bisa dijadikan sebagai agunan kredit. Biasanya pihak bank akan menjalin kerjasama dengan pihak instansi terlebih dahulu. Selanjutnya pembayaran angsuran akan dipotong oleh pihak bank dari gaji/pensiun pegawai yang bersangkutan. Di lingkungan PNS, kredit dengan agunan SK pegawai/pensiun ini sudah sangat umum.

Jenis-jenis agunan tersebut tentunya sangat bergantung pada ketentuan masing-masing bank, karena disesuaikan dengan produk kredit yang ada. Demikian artikel minggu ini semoga bisa menambah wawasan bagi yang ingin mengajukan kredit di bank.

 

Salam Share,

Iklan

4 tanggapan untuk “6 Aset Berharga Yang Bisa Dijadikan Agunan Kredit Di Bank

  1. Kalau saya sudah 2x menggunakan anggunan BPKB. Yang kedua mau ambil kredit dengan jumlah yg sama di BRI tidak bisa, gara-gara saya pernah tidak setor kredit dalam 1 bulan tapi bulan berikutnya malah langsung di tutup dengan melunasi kredit.

    Terpaksa kredit ke 2 hanya bisa ambil kredit yg lebih kecil dari sebelumnya.

    Kesimpulan : Jika punya kredit supaya lancar untuk setor, supaya dipermudah jika suatu saat mengambil kredit kembali.

    Disukai oleh 1 orang

    1. PINJAMAN MULTIGUNA JAMINAN ASET DAN BPKB MOBIL 2008 UP… MAX UP TO 50 MILIAR… BISA BRIJING, NON BI CHEKING… HUBUNGI 082211122696

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s