Cari Info Lowongan Kerja, Ini 6 Kriteria Dalam Memilih Perusahaan Idaman

Cari Info Lowongan Kerja, Ini 6 Kriteria Dalam Memilih Perusahaan Idaman

Info Lowongan Kerja – Ketika sedang mencari pekerjaan dan membaca iklan info lowongan kerja di surat kabar maupun media lainnya, kita seringkali dihadapkan pada beberapa pertanyaan seperti: Ini perusahaan apa ya? Bagus gak ya perusahaan ini? Gajinya berapa ya, dan sebagainya.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu memang wajar, karena apabila lamaran kita nanti diterima dan mulai bekerja, secara tidak langsung kita menggantungkan masa depan kita pada perusahaan tersebut. Tentunya kita gak mau bekerja di perusahaan yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Siapapun pasti ingin bekerja di perusahan idaman.

Baca juga : Tips Mengisi Lamaran Kerja Di Website Online

Sebelum memutuskan melamar pekerjaan di suatu perusahaan, ada baiknya memang kita mengetahui profil perusahaan tersebut. Untuk perusahaan besar yang namanya sudah sangat familiar mungkin informasi perihal profil perusahaan idaman tersebut mudah kita dapat. Sedang untuk perusahaan yang namanya masih asing, kita perlu mencari informasi yang bisa kita dapat dari teman, saudara,atau browsing di internet, dan sebagainya.

Sebagian orang mungkin sudah merasa cukup dengan gaji yang tinggi. Namun ada juga yang memandang perusahaan idaman tidak hanya dari sisi gaji, tapi juga yang mampu memberikan sejumlah fasilitas lain buat karyawannya. Nah, ada beberapa kriteria yang secara umum sering dijadikan tolak ukur perusahaan idaman ketika sedang mencari pekerjaan, diantaranya :

1. Standar Gaji

Salah satu tujuan utama kita dalam bekerja sudah barang tentu adalah gaji. Setiap perusahaan punya standar gaji yang berbeda meski untuk jabatan yang sama,yang disesuaikan dengan kemampuan finansial perusahaan. Beberapa perusahaan ada yang memberikan bonus tahunan, uang THR, dan tunjangan lainnya. Semakin tinggi standar gaji, semakin bergengsi perusahaan dan akan semakin diminati oleh para pelamar kerja.

Baca juga: Baru Bekerja, Baca 5 Hal Penting Setelah Menerima Gaji Pertama

2.  Jenjang Karir

Career
Jenjang Karir Perlu Jadi Pertimbangan Dalam Bekerja

Faktor kedua yang perlu dipertimbangkan adalah perihal jenjang karir. Salah satu bentuk apresiasi perusahaan terhadap kinerja karyawan adalah kenaikan jabatan. Semakin tinggi jenjang karir akan memotivasi setiap orang untuk bekerja lebih baik.

Baca juga: Karir Tak Kunjung Meningkat, Mungkin Ini Penyebabnya                           

3. Status Kepegawaian

Status pegawai juga menjadi salah satu tolak ukur dalam mencari perusahaan idaman karena dianggap memberikan kepastian masa depan. Sebagian besar pelamar lebih memilih perusahaan dengan sistim pegawai tetap. Sebaliknya perusahaan dengan sistim pegawai kontrak atau outsourcing kurang begitu diminati.

Baca juga : Ini 4 Langkah Pede Menghadapi Senioritas Di Tempat Kerja

4. Skala Perusahaan

Skala/ukuran perusahaan juga menjadi salah satu penilaian kriteria perusahaan idaman. Apakah itu perusahaan asing, swasta , atau bumn, banyak sedikitnya kantor cabang, besarnya laba/rugi, banyak sedikitnya jumlah karyawan adalah beberapa faktor yang sering dijadikan penilaian skala perusahaan.

5. Jaminan Kesehatan

Kemampuan perusahaan dalam memberikan perlindungan jaminan kesehatan menjadi kriteria berikutnya dalam menentukan perusahaan idaman. Beberapa perusahaan menjalin kerja sama dengan pihak asuransi untuk mengcover layanan kesehatan karyawan,istri dan anak,baik untuk rawat jalan atau rawat inap, dan kecelakaan kerja, dengan premi yang ditanggung oleh perusahaan setiap bulannya.

6. Jaminan Hari Tua

Jaminan hari tua seperti pesangon atau tunjangan pensiun bulanan menjadi pertimbangan lain dalam menilai perusahaan idaman. Semua perusahaan di Indonesia saat ini diwajibkan mengikutsertakan karyawannya melalui BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan terhadap kecelakaan kerja serta mendapatkan tunjangan hari tua ketika sudah pensiun kelak.

Baca juga : Tips Mempersiapkan Pensiun Dini

Beberapa kriteria perusahaan idaman di atas pastinya diimpikan oleh semua pencari kerja. Dan sudah barang tentu tingkat persaingan untuk bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut sangat tinggi. Karena itu butuh persiapan yang matang agar bisa lolos tahapan seleksi demi seleksinya.

 

Salam Share,

Iklan

2 tanggapan untuk “Cari Info Lowongan Kerja, Ini 6 Kriteria Dalam Memilih Perusahaan Idaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s