Biaya Realisasi Kredit KPR di Bank

Biaya Realisasi Kredit KPR di Bank

Kredit KPR  Secara definisi, kredit KPR atau kredit pemilikan rumah adalah jenis kredit perbankan yang digunakan untuk pembelian rumah. Seperti yang kita tahu 3 kebutuhan dasar manusia adalah sandang, pangan dan papan. Setiap orang baru bisa dikatakan hidup layak atau cukup apabila telah terpenuhinya 3 kebutuhan pokok tersebut secara mandiri. Memiliki rumah tinggal sendiri adalah idaman semua orang terutama bagi yang sudah berkeluarga. Kebutuhan akan rumah tinggal dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk.

Semakin mahalnya harga rumah, terlebih di kota-kota besar membuat daya beli masyarakat untuk membeli rumah secara tunai (cash) semakin terbatas. Karena kenaikan harga rumah setiap tahunnya tidak sebanding dengan kenaikan pendapatan. Sehingga pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) jadi solusi untuk bisa segera memiliki rumah sendiri. Saat ini hampir semua bank umum di Indonesia sudah memiliki produk kredit primadona yang satu ini. Masing-masing bank menetapkan syarat, ketentuan, kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Baca juga : Syarat Agar Pengajuan Kredit Tidak Ditolak Bank. Nomor 4 Yang Paling Penting!!!

Dengan banyaknya bank ini, membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk membandingkan kredit KPR antara bank satu dengan lainnya, baik dari segi kemudahan prosedur, bunga maupun biaya-biayanya. Selain faktor bunga, biaya realisasi kredit kpr perlu mendapat perhatian utama bagi calon debitur. Karena biaya-biaya ini harus kita sediakan begitu pengajuan kredit kpr disetujui. Apa saja biaya realisasi KPRr? Kali ini ruangshare mencoba merangkumnya.

va-mortgage-application-forms
Biaya-Biaya Realisasi Kredit KPR di Bank
  • Uang Muka

Uang muka sebenarnya bukan termasuk dalam biaya realisasi kredit KPR. Tetapi merupakan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon debitur karena adanya peraturan batasan maksimum pendanaan rumah oleh bank. Sesuai aturan PBI No.17/10/PBI/2015 tentang Rasio Loan to Value (LTV) atau Rasio Financing to Value untuk Kredit atau Pembiayaan Properti maksimal sebesar 80%. Artinya minimal uang muka yang dipersyaratkan adalah sebesar 20% dari harga rumah. Aturan ini berlaku efektif sejak 18 Juni 2015.

  • Provisi

Provisi merupakan pendapatan dimuka yang dipungut oleh bank atas kredit yang dicairkan. Besaran biaya provisi umumnya antara 0,5% – 1,5% dari plafond kredit kpr, tergantung kebijakan masing-masing bank. Semakin besar plafond kreditnya, semakin besar pula biaya provisi yang harus dibayar.

  • Biaya Notaris

Biaya notaris merupakan komponen terbesar dari biaya realisasi kredit kpr. Biaya ini meliputi pembuatan akta perjanjian kredit, APHT dan BPHTB, pemecahan sertifikat, akta jual beli dan balik nama sertifikat. Untuk menarik minat pembeli, beberapa pengembang perumahan (developer) memberikan program bebas biaya notaris dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Lumayan juga untuk mengurangi biaya realisasi kredit kpr.

  • Premi Asuransi

Premi asuransi bertujuan untuk melindungi debitur dari resiko yang tidak diinginkan selama jangka waktu kredit. Asuransi ini umumnya ada dua, yaitu asuransi kebakaran atas rumah yang dijaminkan. Preminya dihitung dari prosentase atas taksiran harga rumah yang dijadikan obyek kredit. Sedangkan asuransi jiwa untuk men-cover debitur dari resiko meninggal dunia. Preminya dihitung dari prosentase atas plafond kredit kpr. Besarnya premi asuransi ini bervariasi tergantung kebijakan masing-masing bank.

Baca juga : Alasan Sulitnya Memasarkan Asuransi Di Indonesia

  • Biaya Administrasi Lainnya

Selain biaya-biaya di atas, bank juga menambahkan persyaratan seperti saldo pembukaan rekening tabungan, pemotongan satu angsuran mengendap di rekening, serta biaya administrasi lainnya sesuai ketentuan bank. 

Bila dihitung secara keseluruhan biaya-biaya tersebut memang besar. Karenanya perhitungkan dengan seksama sebelum memutuskan mengajukan kredit kpr di bank. Tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan finansial kita.

 

Salam Share,

Iklan

3 tanggapan untuk “Biaya Realisasi Kredit KPR di Bank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s