4 Gaya Manajerial Ala Mourinho Yang Menjadikannya The Special One

4 Gaya Manajerial Ala Mourinho Yang Menjadikannya The Special One

Gaya Manajerial Mourinho – Welcome Jose Mourinho!!! Begitu kalimat sambutan para Fans United, sebutan untuk suporter klub sepak bola Inggris, Manchester United (MU). Siapa yang tak kenal Mourinho. Semua penggemar bola pasti sudah tau rekam jejak pelatih yang lebih akrab dipanggil Mou atau dijuluki The Special One ini.Gaya manajerialnya yang unik telah mengantarkannya menjadi pelatih sukses dengan sederet prestasi. Sempat melatih klub-klub di 4 liga berbeda : FC Porto di Liga Portugal, Chelsea di Liga Inggris, Real Madrid di La Liga Spanyol dan Inter Milan di Seri A Liga Italia, yang semuanya pernah dibawanya menjadi juara di liga masing-masing.

Tepat tanggal 27 Mei 2016, Mourinho resmi menjadi manajer atau pelatih MU dengan durasi kontrak 3 tahun menggantikan Louis Van Gaal yang baru saja dipecat oleh manajemen MU. Berita ini menjadi trending topic di berbagai media olahraga. Sepak terjang MU di musim kompetisi 2015/2016 ini memang terbilang berantakan. Mereka tercecer di peringkat 5 klasemen akhir, alhasil jatah tiket berlaga di Liga Champions Eropa pun kandas. Meski musim ini terbilang gagal dalam menukangi klub sebelumnya, Chelsea, namun dengan gaya kepelatihannya, Mou seolah memberikan harapan prestasi bagi para suporter MU.

Statistik Mou 1__edit
Kiprah Mourinho Sebagai Pelatih / image : panditfootball.com

Ya, Mourinho memang mempunyai gaya manajerial yang berbeda dibanding pelatih-pelatih lain. Sebagian orang menganggapnya terlalu arogan, sombong, dan cenderung konfrontatif. Dimanapun dia melatih, sosoknya selalu menjadi perhatian media. Dan secara tidak langsung ikut mendongkrak pamor liga bersangkutan. Ada 4 gaya manajerial ala Mourinho yang menarik untuk diulas dan telah terbukti menjadikannya pelatih sukses, diantaranya :

  1. Dispilin

Dispilin adalah buah keberhasilan. Itulah yang coba ditanamkan Mou kepada anak asuhnya baik dalam bertanding dan latihan. Tak peduli pemain bintang, semua harus mentaati instruksinya. Kiper Real Madrid, Iker Casillas yang sudah sekian tahun menjadi ikon klub pun harus rela berbulan-bulan dicadangkan karena dianggap tidak mengikuti aturannya. Jhon Terry pun pernah mengalami nasib serupa di Chelsea.

  1. Manajemen Konflik

Manajemen konflik rupanya menjadi keahlian dari The Special One. Memprovokasi dengan mengkritik atau bahkan mengejek tim lawan, melancarkan psywar atau bersitegang dengan pelatih lain memang kerapkali dilakukannya. Dalam sebuah wawancara Mou pernah mengungkapkan alasannya melakukan itu agar perhatian media hanya tercurah padanya, sehingga tidak mengganggu konsentrasi para pemainnnya menjelang pertandingan besar.

  1. Ahli Strategi

Strategi “parkir bus” yang menjadi strategi bertahan Chelsea seringkali menjadi cemoohan para suporter ketika menghadapi lawan-lawan tangguh. Padahal dengan materi pemain yang dimliki Chelsea dianggap bisa memainkan sepak bola menyerang. Tapi Mou menganggapnya sebagai bagian strategi dan terbukti jitu membuat lawannya frustasi.

  1. Independen

Dalam melatih anak asuhnya Mou adalah sosok yang tidak ingin di intervensi oleh orang lain, bahkan oleh presiden klub sekalipun. Dengan segudang prestasi yang dimilikinya, dia cukup percaya diri dengan apa yang dilakukannya meski harus berseberangan dengan manajemen klub. Karenanya dia menjuluki dirinya The Special One.

jose mou
Trophy Juara Liga Inggris Ketiga Chelsea / Image : premierleague.com

Akankah gaya manajerial tersebut cocok diterapkan di MU? Sangat menarik untuk kita tunggu. Yang jelas, di bawah kepelatihan Mourinho, MU berharap bisa mengakhiri puasa gelar liga Inggris sejak sepeninggal Alex Fergusson. Good Luck Mou !!!

 

Salam Share,

Iklan

6 tanggapan untuk “4 Gaya Manajerial Ala Mourinho Yang Menjadikannya The Special One

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s