Ramadhan Kok Malah Tambah Boros. Ini 3 Pos Pengeluaran Terbesar Di Bulan Ramadhan Yang Perlu Diatur

Ramadhan Kok Malah Tambah Boros. Ini 3 Pos Pengeluaran Terbesar Di Bulan Ramadhan Yang Perlu Diatur

Pengeluaran Di Bulan Ramadhan – Tak terasa kita sampai lagi di bulan suci ini. Padahal serasa baru kemarin kita merayakan lebaran, eh tahu-tahu sudah masuk bulan puasa lagi.Kita sebagai umat muslim tentunya wajib bersyukur karena masih diberikan kesempatan berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan. Bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan dari Sang Pencipta. Dan semoga amalan kita tahun ini bisa lebih baik lagi dari tahun kemarin seta ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin…

banner ramadhanBerawal dari obrolan dengan rekan sejawat hari ini yang mengatakan bahwa pengeluarannya di bulan Ramadhan justru malah membengkak dibanding hari-hari biasanya. Lho kok bisa, Ramadhan kok malah tambah boros? Padahal kan selama puasa kita gak makan minum di siang hari, harusnya pengeluaran bisa lebih hemat dong. Sayangnya, hal tersebut tidak hanya dialami oleh rekan saya, tapi hampir sebagian besar orang mengalami hal yang sama. Mendadak semua orang berubah menjadi sangat konsumtif di bulan Ramadhan. Secara umum ada 3 pos pengeluaran terbesar yang seringkali membuat kita menjadi boros selama bulan Ramadhan, diantaranya :

  1. Buka Bersama

Menyenangkan bila bisa berbuka puasa bersama teman-teman selepas jam pulang kantor. Terlebih bila dikemas pula dengan acara reuni teman sekolah/kuliah. Tentunya semakin mengasyikkan. Tak masalah bila agenda tersebut hanya 1-3 kali selama Ramadhan. Bayangkan bila ajakan dari teman-teman  terlampau sering, dan kita tidak bisa menolaknya. Tentunya kegiatan buka bersama ini akan jadi pos pengeluaran yang tidak kecil. Sebaiknya batasi agenda tersebut agar tidak menjadi terlalu konsumtif (boros).

  1. Menghabiskan Uang THR

Bagi kita yang berstatus karyawan, menjelang lebaran selalu mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan. Besarnya bervariasi, ada yang 1x upah pokok atau 2 x gaji tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Sudah bukan rahasia umum, uang THR selalu kita habiskan seketika untuk bermacam keperluan.Mulai belanja pakaian baru hingga berbagai kebutuhan lebaran lainnya. Kita bisa lihat hampir semua pusat perbelanjaan penuh sesak dan berlomba-lomba menawarkan diskon untuk menarik minat orang berbelanja. Ada baiknya uang THR yang kita terima setahun sekali ini sebagian kita sisihkan untuk ditabung guna kebutuhan mendesak di lain waktu.

  1. Tradisi Mudik
mudik
rencanakan anggaran mudik secara cermat

Nah buat anda yang menjadikan mudik sebagai tradisi wajib setiap tahun, anda harus melakukan perencanaan secara cermat. Rasa rindu pada kampung halaman, bersilahturahmi dengan orang tua dan sanak family memang menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Tradisi mudik ini biasanya sudah kita persiapkan selama pertengahan bulan Ramadhan sampai menjelang lebaran. Tradisi mudik inilah yang akan sangat menguras pengeluaran. Tiket kendaraan, uang saku, barang-barang bawaan yang akan dibawa ke kampung dan pengeluaran-pengeluaran lain. Semakin banyak anggota keluarga yang ikut, tentunya pengeluaran semakin besar, sehingga perlu perencanaan yang cermat. Misal untuk menghemat biaya transportasi, kita bisa pesan tiket kendaraan jauh-jauh hari atau bila memungkinkan bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Beberapa pos pengeluaran tersebut sebaiknya perlu kita atur secara cermat agar kita tidak menjadi konsumtif di bulan Ramadhan ini. Buat skala prioritas, pengeluaran mana yang yang lebih penting dan mana yang masih bisa ditunda. Jangan lupa pula untuk menyisihkan sebagian dari rejeki kita untuk kegiatan-kegiatan religius seperti zakat, infak dan shodaqoh sesuai anjuran agama. Selamat menjalankan ibadah puasa.

 

Salam Share,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s