Cermat Dan Bijak Menggunakan Uang THR

Cermat Dan Bijak Menggunakan Uang THR

Uang THR – Tak terasa bulan ramadhan sudah hampir berakhir. Suka cita dan keramaian suasananya sebentar lagi berlalu dan kita akan segera menyongsong hari yang fitri. Menjelang hari raya idul fitri biasanya ada satu momen yang paling ditunggu-tunggu khususnya oleh mereka yang berstatus pekerja, yaitu pembagian uang tunjangan hari raya atau THR. Tunjangan hari raya keagamaan ini biasanya dibayarkan oleh perusahaan antara 2 minggu sampai 1 minggu sebelum lebaran.

Di Indonesia pembayaran uang THR diatur dalam peraturan menteri tenaga kerja (Permenaker) No. 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh diPerusahaan. Aturan baru ini berlaku mulai 8 Maret 2016 dimana perusahaan wajib memberikan uang THR kepada seluruh karyawannya yang sudah bekerja minimal 12 bulan secara terus menerus atau lebih.Sedangkan untuk karyawan dengan masa kerja 1 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan akan mendapat THR secara proporsional. Bahkan pemerintah pun tahun ini juga tak mau ketinggalan dengan memberikan gaji ke 13 dan 14 kepada seluruh PNS yang dibayarkan mulai bulan ini.

Baca juga : Baru Bekerja, Baca 5 Hal Penting Setelah Menerima Gaji Pertama

Uang THR ibarat bonus tahunan yang bisa menjadi tambahan pendapatan untuk merayakan lebaran. Tak ayal perputaran uang menjelang lebaran meningkat. Sudah menjadi tradisi uang THR memang cenderung dihabiskan untuk berbagai keperluan lebaran. Beli baju baru, ongkos mudik, bagi-bagi angpau,dan lainnya. Sah-sah saja memang, karena ada sisi prestise yang mencerminkan kemapanan dan status sosial ekonomi ketika merayakan momen lebaran. Ada baiknya kita mulai cermat dan bijak dalam menggunakan uang THR ini agar tidak menguap begitu saja. Sayang kan jika hanya dihabiskan untuk hal-hal konsumtif saja. Beberapa hal berikut mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan :

1.Skala Prioritas

Ini bukan masalah besar kecilnya uang THR, tapi lebih kepada bagaimana kita bisa mengatur keuangan pribadi. Jika anda mempunyai beban cicilan yang sudah jatuh tempo sebaiknya anda prioritaskan terlebih dahulu. Biaya pendidikan anak juga patut menjadi prioritas utama sebelum membelanjakan untuk kebutuhan yang lain.

2.Beli Barang Produktif

tips-on-using-credit-cards_resized
Kurangi Belanja Barang Konsumtif Dengan Uang THR

Ketimbang memborong pakaian baru dengan merk terkenal, ada baiknya juga kita membeli barang-barang produktif. Yang dimaksud barang produktif adalah barang-barang yang mempunyai nilai ekonomi tinggi atau barang-barang yang secara fungsional mendukung aktivitas pekerjaan/profesi/hobi yang bisa menghasilkan secara finansial. Contoh : bagi kaum hawa, membeli perhiasan adalah pilihan terbaik atau tukar tambah perhiasan lama dengan kadar emas yang lebih tinggi. Bagi para blogger bisa membeli laptop, atau kamera untuk yang punya hobi fotografi.

3.Zakat

Meski nominalnya kecil tapi terkadang kita sering melupakan pos yang satu ini. Syariat Islam sudah menentukan batasan zakat maal atau zakat profesi/penghasilan sebesar 2,5% jika dalam setahun sudah memenuhi nisab setara 85 gram emas. Artinya zakat ini adalah pos wajib yang tidak boleh terlewatkan. Untuk teknis perhitungannya, anda bisa googling artikel terkait zakat.

4.Tabungan

Berapapun besar nominal gaji anda, menabung adalah sesuatu yang harus dipaksakan. Setidaknya sisihkan 10%-30% dari uang THR untuk ditabung sebelum dibelanjakan untuk mengantisipasi kebutuhan yang tak terduga di waktu lain.

Bagaimana dengan uang THR anda? Semoga artikel ini bermanfaat…

 

Salam Share,

Iklan

2 tanggapan untuk “Cermat Dan Bijak Menggunakan Uang THR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s