Menghitung Keuntungan Usaha Rental Playstation Di Rumah

Menghitung Keuntungan Usaha Rental Playstation Di Rumah

Rental PS – Saat ini banyak pilihan usaha yang bisa kita jalankan sesuai dengan peluang yang ada. Apalagi jika mempunyai rumah dengan lokasi strategis, di jalan utama misalnya, sudah merupakan modal awal yang sangat mendukung. Kita tinggal memanfaatkan ruang/space yang ada untuk kita manfaatkan membuka usaha.

Baru-baru ini saya mengunjungi rumah salah satu rekan lama. Karena rumahnya tergolong besar, sebagian dari ruangannya sekitar 3 x 7 m dimanfaatkan untuk membuka usaha rental PS/playstation. Lokasi rumahnya tepat di pinggir jalan raya, sehingga sangat mendukung sekali untuk usaha tersebut.

rental ps2__resized
Usaha Rental PS Masih Menjanjikan

Seperti yang kita ketahui, playstation adalah salah satu permainan yang digemari oleh segala umur. Game yang membutuhkan media player PS, CD PS dan televisi ini seakan membuat pemainnya betah berjam-jam duduk memainkannya. Sehingga peluang usaha rental PS masih menjanjikan sampai saat ini.

Untuk membuka usaha ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebagai gambaran harga 1 unit PS 2 sekitar 1 Juta, PS 3 sekitar 2,5 juta. Sedangkan untuk TV, meja, dan perangkat lainnya kurang lebih sekitar 1,5 juta. Sehingga minimum modal yang dibutuhkan kurang lebih sekitar Rp. 4 juta per unit nya. Tinggal dikalikan berapa unit rental PS yang hendak kita buka.

Baca juga :

Meraup Untung Dari Berjualan Mainan

Bosan Jadi Karyawan, Coba 5 Peluang Usaha Sampingan Ini Yang Cocok Untuk Karyawan

Bagaimana dengan keuntungan dari usaha ini? Dari usaha rental PS yang dijalankan oleh rekan saya, kita bisa dapatkan gambaran operasional usaha rental PS ini sebagai berikut :

  1. Jumlah Rental PS : 7 unit PS 3
  2. Jam Operasional : 10 pagi – 12 malam ( Senin – Jumat). 08 pagi – 12 malam (Sabtu-Minggu dan hari libur)
  3. Tarif Sewa              : Rp 3.500 / jam
  4. Gaji Karyawan      :    –   *(dijalankan sendiri)
  5. Sewa Tempat        :    –   *(dijalankan di rumah sendiri)

Perhitungan Laba/Rugi Usaha :

Omset Usaha/Bulan 7,560,000
Biaya-Biaya :
Listrik

1,000,000

Biaya Perawatan    300,000
Gaji Karyawan           0
Sewa Tempat           0
Total Biaya 1,300,000
Laba Bersih/Bulan 6,260,000

Catatan :

  • Omset usaha dihitung dengan asumsi rata-rata hanya 6 unit yang terpakai penuh (ada 1 unit kosong). Dari 14 jam operasional, rata-rata sewa selama 12 jam penuh (ada 2 jam kosong). Sehingga didapatkan perhitungan : Rp. 3.500 x 6 unit x 12 jam x 30 hari = Rp. 7.560.000.
  • Biaya Listrik merupakan biaya variabel. Semakin banyak unit rental PS, biaya listrik semakin besar.
  • Biaya Perawatan meliputi pemeliharaan player/TV, joy stick PS, pengadaan kaset/CD game terbaru, dll.

Dari perhitungan di atas rata-rata keuntungan rental PS setiap bulan lumayan besar untuk sebuah usaha rumahan. Jika modal awal yang dikeluarkan sudah BEP (break event point), sebagian dari keuntungan dalam satu bulan tersebut bisa disisihkan untuk digunakan membeli seperangkat rental PS lagi dalam rangka perluasan usaha.

Selain itu, untuk menambah omset usaha kita bisa menyediakan penjualan item lainnya seperti minuman, rokok atau makanan kecil. Atau bisa juga memberikan gift yang lain. Misalnya, sewa 4 jam gratis 1 jam, diskon tarif untuk sewa dengan durasi tertentu, dan sebagainya. Bagaimana, tertarik untu mencoba? Selamat berwirausaha.

 

Salam Share,

Iklan

Satu tanggapan untuk “Menghitung Keuntungan Usaha Rental Playstation Di Rumah

  1. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Bisnis rental ps berikut artikel yang terkait tersebut di BISNIS RENTAL PS MENGUNTUNGKAN UNTUK USAHA RUMAHAN

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja…kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s