5 Usaha Musiman Dengan Keuntungan Menggiurkan

5 Usaha Musiman Dengan Keuntungan Menggiurkan

Usaha Musiman – Seringkali kita jumpai deretan pedagang yang menjual barang dagangan yang sejenis di satu waktu. Mereka muncul dan hilang begitu saja di saat yang bersamaan. Kita sering menyebutnya sebagai usaha musiman. Sesuai dengan namanya, para pedagang musiman ini menjalankan usahanya hanya dalam waktu singkat, bisa mingguan atau paling lama dalam rentang 1-2 bulan saja.

Ketika “musim” sudah berlalu, usai pula dagangan mereka. Mereka akan kembali ke profesinya semula. Ada yang ibu rumah tangga, pekerja serabutan/buruh lepas, atau berdagang barang yang lain. Bisa dibilang usaha musiman ini hanyalah pekerjaan sambilan saja, mengikuti musim barang tersebut.

Baca juga : Bosan Jadi Karyawan, Coba 5 Peluang Usaha Sampingan Ini Yang Cocok Untuk Karyawan

Meski terbilang singkat, namun keuntungan dari usaha ini begitu menggiurkan. Jika tidak demikian, tentunya para pedagang ini enggan melakukannya lagi di tahun berikutnya. Ada banyak jenis usaha musiman yang kerap kita jumpai. Kali ini ruang share akan mencoba membahas beberapa diantaranya.

  • Jajanan Takjil

Bulan ramadhan adalah momen bermunculannya para pedagang ini. Sore hari hampir di seluruh sudut kota banyak kita jumpai penjual jajanan takjil untuk menu pembuka berbuka puasa. Aneka kue, gorengan, kurma, es buah, hingga nasi bungkus. Usaha ini relatif banyak diminati oleh para ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan karena tidak terlalu banyak menyita waktu. Rata-rata mereka hanya berjualan sekitar 2-3 jam menjelang waktu berbuka. Keuntungan dari usaha ini pun juga lumayan tinggi.

  • Bingkisan Hari Raya/Parsel
pedagang parsel__resize
Aktivitas Pedagang Parsel

Menjelang momen hari raya keagamaan terutama idul fitri dan natal, bingkisan hari raya atau parsel banyak dicari. Tak jarang ada yang membeli parsel dalam jumlah banyak untuk diberikan kepada teman, saudara, kolega, atau karyawan. Sehingga banyak kita jumpai penjual parsel di pinggir jalan maupun toko-toko yang ikut menambahkan parsel sebagai salah satu item barang dagangannya.

  • Hewan Kurban

Satu bulan menjelang hari raya kurban atau idul adha di beberapa sudut kota banyak kita jumpai penjual hewan kurban seperti sapi dan kambing. Mereka umumnya menyewa lahan tanah lapang untuk memajang hewan-hewan kurban jualannya. Meskipun biaya operasionalnya terbilang tinggi, namun usaha ini termasuk yang keuntungannya paling tinggi dibanding usaha musiman yang lain. Karena harga hewan kurban tiap tahunnya selalu naik secara signifikan. Dalam waktu satu bulan saja para pedagang ini bisa menjual puluhan hingga ratusan hewan kurban dengan harga bervariasi tergantung besar kecilnya hewan kurban.

  • Peralatan Sekolah

Tiap berganti tahun ajaran baru banyak toko-toko yang menjual berbagai peralatan sekolah. Mulai dari buku tulis dan buku-buku pelajaran, tas sekolah, serta alat-alat tulis. Selain peralatan sekolah, perlengkapan sekolah seperti seragam, dasi, sepatu dan berbagai atribut lain juga tak luput dicari oleh para orang tua untuk persiapan sekolah anak-anak mereka.

  • Penjual Bendera

Setiap menjelang peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus, penjual bendera bermunculan bak jamur di musim hujan. Beberapa hari ini para pedagang kaki lima ini sudah mulai terlihat. Mereka menjual bendera, tiang bendera, umbul-umbul dan berbagai atribut merah putih. Pelanggannya tidak hanya perorangan, tapi kantor-kantor swasta dan pemerintahan biasanya memburu barang dagangan mereka untuk menghias lingkungan kerjanya. Rata-rata keuntungan dari usaha ini bisa mencapai 50% lho. Keberadaan para penjual ini menambah semarak peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia.

 

Salam Share,

Iklan

7 tanggapan untuk “5 Usaha Musiman Dengan Keuntungan Menggiurkan

  1. bener banget mas jualan takjil emang usaha musiman yang untungnya tinggi soalnya saya sempet jualan takjil pas puasa tahun lalu, awalnya sih pendapatan sedikit eh makin ke pertengahan puasa pendapatan makin++ apalagi kalo yang dijual itu minuman2

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s