Profesi Sebagai Penulis Artikel, Salah Satu Penghasilan Dari Dunia Blogging

Profesi Sebagai Penulis Artikel, Salah Satu Penghasilan Dari Dunia Blogging

Freelancer – Tiap kali kita mencari informasi melalui media internet, langkah pertama yang kita lakukan adalah mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari (browser). Dalam hitungan detik akan muncul deretan judul artikel serupa di beberapa website. Kita tinggal membuka satu persatu website sesuai judul yang menurut kita sesuai dengan topik yang dicari. Berbagai informasi tersebut ditulis oleh para penulis artikel dan di posting di berbagai media online seperti blog pribadi atau website lainnya. Mereka menulis berdasarkan pengetahuan, pengalaman pribadi, dan ada juga yang memang ahli di bidang tertentu.

Ketika menulis di blog pribadi pada awalnya memang hanya bertujuan untuk sekedar berbagi informasi. Ada juga yang hanya sekedar menyalurkan hobi menulis atau blogging.   Namun pernahkah kita tahu bahwa penulis artikel ini merupakan sebuah profesi yang bisa menghasilkan. Banyak pemilik blog yang tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat konten atau menulis artikel secara rutin di blognya. Sehingga mereka bersedia menggunakan jasa penulis artikel, biasa kita sebut freelancer, untuk menulis artikel sesuai topik yang diinginkan guna di publish di blog mereka.

Artikel yang baik pada akhirnya akan mendatangkan traffic (kunjungan) yang tinggi dan mudah ditemukan di mesin pencari (browser). Dan sebuah blog yang ramai bisa didaftarkan di google adsense untuk mendapatkan pendapatan iklan. Menarik bukan.

Article-writing__resized
Penulis Artikel. Gambar : theomenbit

Untuk bisa menjadi penulis artikel yang baik tentu saja kita harus menguasai tema. Beberapa tema ada yang membutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus, seperti tentang web programming atau artikel kesehatan. Sehingga ada beberapa penulis yang hanya fokus pada satu atau dua topik saja. Seperti topik investasi yang ada di ayoberinvestasi.com, tentang otomotif seperti motorrio.com, ada pula infodigimarket.com yang khusus membahas tentang online marketing, dan lainnya. Hal ini bertujuan agar materi yang ditulis tidak terlalu dangkal, sehingga bisa menjadi sumber referensi bagi pembaca. Biasanya artikel-artikel spesifik seperti inilah yang disenangi oleh para blogger untuk di publish di blognya dan dicari oleh para pembaca.

Berapa fee menuliskan satu artikel?  Penghasilan sebagai penulis artikel tentunya bervariasi. Tidak ada harga yang baku, semuanya tergantung pada negoisasi antara penulis dengan pemberi kerja yang disesuaikan dengan jenis topik, jumlah kata, dan orisinilitasnya. Semakin kita menguasai berbagai materi, semakin mampu kita menulis artikel dengan beragam topik yang diinginkan oleh klien. Bahkan seorang penulis yang sudah berpengalaman mulai menetapkan standar tarif tersendiri untuk setiap artikel yang ditulisnya. Artikel yang hanya sekedar copas harus dihindari, karena kita akan dianggap sebagai seorang plagiator. Jika kita ingin menjadi penulis artikel komersial, usahakan materi yang kita tulis betul-betul original dan belum pernah diterbitkan di media manapun.

order artikel
Contoh Lowongan Menulis Artikel di projects.co.id

Untuk mencari lowongan permintaan menulis artikel, kita bisa melihatnya di situs-situs freelancer. Contohnya di projects.co.id. Disitu kita bisa melihat besarnya fee yang ditawarkan oleh para project owner bermacam-macam. Kita berhak mengajukan penawaran lebih tinggi atau lebih rendah dari tarif yang disebutkan dan bersaing dengan penulis artikel lainnya. Beberapa memang sepintas terlihat memberikan fee yang menurut kita terlalu kecil. Namun bayangkan jika kita bisa mendapatkan 3, 5, atau 7 project sekaligus dalam waktu bersamaan. Dan apabila project owner merasa cocok dan puas dengan tulisan kita, bukan tidak mungkin mereka akan menawarkan kerja sama jangka panjang sebagai penulis tetap di blog/website mereka.

Baca juga : Apa Jadinya Blog Tanpa Social Media?

Jadi, penghasilan yang bisa didapat sebagai penulis artikel merupakan salah satu profesi yang bisa memberikan keuntungan bagi kita yang menggemari dunia blogging. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

 

Salam Share,

Iklan

5 tanggapan untuk “Profesi Sebagai Penulis Artikel, Salah Satu Penghasilan Dari Dunia Blogging

  1. Bagus artikelnya, udah mulai ngeblog dari tahun berapa? Dan kalo boleh tau, pendapatan perbulan dari blog berapa?

    Kalau aku tanpa blog bisa menghasilkan uang.. hehe.. sukses terus ya ^.^

    Suka

  2. Satu lagi sumber penghasilan blogger: dititipi artikel iklan oleh pihak tertentu. Misalnya diminta untuk memuat artikel X (yang sudah jadi dan tinggal dimodifikasi sedikit) yang memuat produk Y atau website Z.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s