5 Kelebihan Deposito Dibandingkan Tabungan Harian

5 Kelebihan Deposito Dibandingkan Tabungan Harian

Kelebihan Deposito – Selama ini kita telah mengenal 2 produk tabungan di bank yaitu tabungan harian dan deposito. Deposito adalah salah satu jenis tabungan yang mempunyai jangka waktu, biasa juga disebut tabungan berjangka. Deposito atau tabungan harian mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai sarana menabung dana yang kita miliki. Namun, sebagian besar masyarakat memang lebih condong memilih deposito dibandingkan tabungan harian untuk tujuan investasi jangka pendek, karena deposito mempunyai sejumlah kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya :

  1. Bunga Lebih Tinggi
gambar-papan-bunga-deposito
Papan Suku Bunga Acuan di Bank

Sudah bukan rahasia lagi, bunga deposito memang lebih tinggi dibanding tabungan harian. Ini yang menjadi salah satu kelebihan deposito. Sebagai contoh saat ini rata-rata bunga tabungan di bank umum sekitar 2% per tahun, maka bunga deposito bisa di kisaran 4-6% per tahunnya. Untuk menarik minat para nasabah, bank berlomba-lomba memberikan bunga deposito yang lebih tinggi dibanding bank lainya.

  1. Lebih Mudah Mengatur Pengeluaran

Salah satu hal yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah saldo tabungannya cepat habis. Hal ini dikarenakan mudahnya kita melakukan tarik tunai sewaktu-waktu melalui ATM, mobile banking atau debit pembayaran melalui mesin EDC. Sehinga tanpa terasa sedikit demi sedikit uang yang kita tabung terus berkurang. Hal tersebut sangat berbeda sekali dengan deposito, dimana dana yang disimpan tidak bisa diutak-atik dan dicairkan sewaktu-sewaktu sebelum jatuh temponya jika tidak ingin dikenakan penalty oleh bank. Sehingga kita akan bisa lebih mudah mengatur pengeluaran.

  1. Bebas Biaya Administrasi

Biaya administrasi tabungan adalah salah satu sumber pendapatan bagi bank atas jasa layanan perbankan. Besarannya bervariasi, tergantung kebijakan dan fasilitas yang diberikan oleh masing-masing bank. Sehingga jangan heran jika saldo tabungan kita setiap bulan dipotong biaya administrasi. Sedangkan untuk deposito tidak dikenakan biaya administrasi. Satu-satunya biaya deposito adalah pajak sebesar 20% atas bunga yang diterima jika saldo deposito di atas Rp 7.500.000. Baca juga : Saldo Tabungan Menyusut, Inilah Macam-Macam Biaya Yang Mengurangi Saldo Tabungan.

  1. Perpanjangan Otomatis

Ada bermacam pilihan tenor deposito. Ada yang satu bulanan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan seterusnya. Tenor atau jatuh tempo yang dipilih ini bisa diperpanjang secara otomatis (automatic roll over) tanpa harus datang ke bank dan dana kita tetap tersimpan di bank. Fitur ini tidak ada di tabungan harian yang bermutasi setiap hari.

  1. Bisa Dijadikan Agunan

Ini yang masih jarang kita ketahui. Ketika sedang membutuhkan dana, deposito yang kita miliki bisa digunakan sebagai jaminan atas kredit di bank bersangkutan (cash collateral) tanpa harus mencairkan deposito yang dimiliki. Tentunya dengan persyaratan yang lebih mudah dibandingkan pengajuan kredit umum.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan deposito dibandingkan dengan tabungan harian. Mana yang lebih baik, tentunya harus disesuaikan dengan tujuan keuangan masing-masing. Apakah dana yang hendak kita simpan ditujukan untuk kebutuhan sehari-hari atau digunakan untuk jangka waktu tertentu.

 

Salam Share,

Iklan

4 tanggapan untuk “5 Kelebihan Deposito Dibandingkan Tabungan Harian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s