Kenali Tipe Bos Anda Dari Cara Kerjanya

Kenali Tipe Bos Anda Dari Cara Kerjanya

Kenali Tipe Bos Anda – Hubungan kerja antara atasan dan bawahan seringkali mewarnai lika-liku kehidupan di tempat kerja. Seringkali hubungan kerja berakhir karena bos/atasan yang dianggap semena-mena terhadap bawahannya, sehingga anak buah merasa tidak kerasan bekerja di tempat tersebut. Begitu juga sang bos merasa anak buah tidak bisa bekerja sesuai kompetensi yang diharapkan perusahaan sehingga perlu segera memberhentikan karyawan tersebut.

“Untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja anda perlu belajar mengenal tipe seperti apa bos anda. Hal ini bukan bermaksud untuk menjilat ataupun mencari muka di depan atasan, tetapi lebih untuk menciptakan keharmonisan dalam lingkungan kerja sehingga anda pun bisa bekerja secara maksimal.”

Salah satu cara paling mudah untuk menilai tipe bos anda adalah dari cara kerjanya. Cara ini relatif mudah karena bisa mengamatinya langsung setiap berinteraksi dengan si bos. Atau jika anda masih karyawan baru, anda juga bisa mendapatkan informasi dari karyawan lainnya. Jadi tidak hanya atasan saja yang bisa menilai bawahannya, anda sebagai anak buah pun berhak menilai cara kerja atasan untuk mendapatkan gambaran seperti apa tipe bos anda. Ada beberapa tipe bos yang akan dibahas kali ini, diantaranya :

  1. Bos Pelit
my-boss__resized
 Salah Satu Film Yang Menggambarkan Karakter Bos Pelit

Eiittss, jangan berkonotasi negatif dulu. Yang dimaksud pelit disini bukan bos yang jarang mentraktir anak buahnya atau tidak pernah sedekah. Tipe bos pelit adalah yang sangat sensitif sekali jika harus mengeluarkan biaya-biaya yang menjadi beban perusahaan. Tujuannya agar laba perusahaan tidak tergerus untuk biaya-biaya yang tidak perlu. Efisiensi adalah kata kunci yang ada di otaknya. Jika anda punya bos dengan tipe seperti ini, maka harus pandai-pandai menghemat anggaran kerja yang menjadi beban perusahaan seperti budjet perjalanan dinas, pemakaian sarana kerja yang menggunakan fasilitas kantor seperti alat tulis kantor (ATK), telepon, internet, dan lainnya. Tapi bukan berarti dengan anggaran super mini kerja kita jadi asal-asalan ya.

  1. Bos Tau Beres

“Saya gak mau tau gimana caranya, pokoknya target bulan ini harus tercapai”. Pernahkah anda menjumpai atasan yang sering mengucapkan kalimat horror tersebut? Bos tau beres seperti ini lebih mengedepankan hasil tanpa ikut memikirkan proses yang harus ditempuh oleh anak buahnya. Jika anda punya tipe bos seperti ini, tetaplah bersikap tenang. Tidak perlu depresi apalagi mengecam sikap bos anda. Anda hanya butuh membangun teamwork yang kuat dengan rekan kerja anda. Dengan kerjasama tim yang baik, situasi kerja seberat apapun pasti akan bisa dilalui dengan baik.

  1. Bos Super Acuh

Bos anda jarang di kantor? Atau terlalu sibuk dengan urusan di luar pekerjaan? Terkadang kita menjumpai tipe atasan seperti ini. Tidak banyak yang bisa diharapkan dari pimpinan seperti ini. Karena minimnya intensitas komunikasi dengan bawahan membuat rencana-rencana perusahaan yang sudah disusun akan sulit dicapai. Serupa dengan tipe bos sebelumnya, yang bisa anda lakukan adalah menciptakan tim kerja yang kuat dan menjalin koordinasi antarbagian.

  1. Bos Setengah Dewa

Ini hanyalah istilah untuk menggambarkan tipe bos dambaan sejuta umat. Atasan yang bisa merangkul dan menyatu dengan seluruh bawahan, tidak menjaga jarak, selalu memberi pengarahan yang baik dan memotivasi anak buahnya untuk maju dan berkembang. Bos seperti ini seringkali mendapatkan respek dan dicintai bawahannya. Jika anda mempunyai tipe bos setengah dewa, manfaatkan situasi kerja yang kondusif untuk bekerja secara maksimal demi kemajuan perusahaan.

Beberapa tipe bos di atas, memberi gambaran bagaimana anda harus bersikap di tempat kerja. Yang jelas, apapun tipe bos anda sebagai bawahan tetap dituntut untuk bekerja secara profesional sesuai dengan job description yang diberikan.

 

Salam Share,

 

Iklan

5 tanggapan untuk “Kenali Tipe Bos Anda Dari Cara Kerjanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s