Kenali 3 Ciri Investasi Dengan Modus Penggandaan Uang Berikut Ini

Kenali 3 Ciri Investasi Dengan Modus Penggandaan Uang Berikut Ini

Investasi – Seperti yang sudah banyak kita bahas di artikel-artikel sebelumnya, saat ini beredar banyak sekali jenis investasi keuangan yang ditawarkan seperti saham, reksadana, dan produk derivative lainnya.  Investasi bisa juga dengan cara membeli emas logam mulia, aktiva tetap seperti tanah, rumah atau property lainnya.

Seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, kesadaran berinvestasi mulai tumbuh sebagai bagian perencanaan keuangan masa depan. Investasi merupakan salah satu kegiatan untuk melipatgandakan aset di masa mendatang. Penawaran produk-produk investasi bisa dari institusi resmi seperti bank atau perusahaan sekuritas, dan tak jarang pula dari perorangan atau individu. Baca juga : Agen Brilink, Trend Baru Layanan Perbankan Tanpa Kantor

Dibandingkan dengan investasi aktiva tetap, investasi dalam produk keuangan lebih banyak diminati. Karena sifatnya yang praktis, yaitu cukup dengan menanamkan sejumlah dana (modal) dan berharap mendapat keuntungan sekian persen. Sudah barang tentu banyak orang yang tertarik.

Namun sayangnya karena kurangnya pemahaman kita terhadap produk investasi yang dipilih, bukan keuntungan yang didapatkan. Justru sebaliknya, uang yang kita investasikan raib karena ulah orang-orang tidak bertanggung jawab yang hanya bermaksud menipu para investor. Produk investasi seperti ini umumnya ditawarkan dari orang per orang dengan sistim jaringan dan tidak diketahui aspek legalitasnya.

Satgas waspada investasi otoritas jasa keuangan (OJK), merilis sejumlah kriteria penawaran investasi yang berpotensi merugikan masyarakat. Saat ini masih banyak beredar penawaran investasi dengan modus penggandaan uang namun berujung pada penipuan yang merugikan investornya. Secara garis besar ada 3 ciri utama untuk mengenali bentuk investasi bodong atau abal-abal tersebut, diantaranya :

investasi-sesat
Ciri-Ciri Investasi Yang Merugikan Masyarakat – Sumber : OJK
  1. Imbal Hasil Di Luar Batas Wajar

Bicara tentang investasi apapun, imbal hasil adalah sesuatu yang mutlak. Imbal hasil di luar batas wajar dan dalam waktu singkat seringkali memang menjadi daya tarik yang menggiurkan bagi calon investor. Namun sebaiknya hal ini juga perlu diwaspadai. Sebagai contoh batasan bunga tabungan atau deposito di bank adalah maksimum sebesar bunga penjaminan dari lembaga penjamin simpanan (LPS), maka jika ada bank atau pihak lain yang menawarkan produk sejenis dengan bunga di atas bahkan berlipat-lipat lebih tinggi dari bunga LPS, maka sebaiknya kita perlu pelajari dengan detil terlebih dahulu. Apa benar investasi tersebut aman dan seberapa besar resikonya.

  1. Perekrutan Anggota

Jika ada produk investasi yang mengharuskan investornya untuk terus merekrut anggota sebagai syarat kesinambungan pembayaran bonus/imbal hasil, maka kita patut waspada. Produk investasi seperti ini umumnya hanya mengandalkan perputaran uang para investor baru dalam sistem jaringan untuk membayar imbal hasil para investor lama sesuai yang diperjanjikan. Ketika jumlah investor semakin banyak dan dana yang diinvestasikan semakin besar, lama-lama si pengelola investasi akan kolaps karena kesulitan likuiditas.

  1. Tidak Jelas Pengelolaannya

Berbeda dengan investasi property yang sudah jelas kepemilikan asetnya, investasi keuangan dijalankan dengan menghimpun dana para investor untuk kemudian digunakan sebagai modal operasional usaha inti pengelolanya. Produk investasi bodong hanya menjanjikan keuntungan rutin setiap bulan tanpa jelas pengelolaan bisnisnya seperti apa sehingga bisa terus membayarkan keuntungan setiap bulannya.

Nah, 3 ciri di atas memberi kita gambaran sebelum memutuskan memilih sebuah produk investasi keuangan. Selain itu masih ada beberapa kriteria lagi tentang investasi yang berpotensi merugikan masyarakat (lihat grafis). Dan yang lebih utama lagi agar kita terhindar dari penipuan berkedok investasi, pastikan produk investasi keuangan tersebut sudah terdaftar di OJK.

 

Salam Share,

 

 

 

 

 

Iklan

2 tanggapan untuk “Kenali 3 Ciri Investasi Dengan Modus Penggandaan Uang Berikut Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s