Jangan Gunakan PIN ATM Ini Agar Rekening Tidak Mudah Dibobol

Jangan Gunakan PIN ATM Ini Agar Rekening Tidak Mudah Dibobol

Pin ATM – Buat kita yang memiliki rekening tabungan di bank pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya pin atm. Personal identification number (PIN) adalah deretan angka yang digunakan untuk mengakses rekening melalui automatic teller machine (atm). Pin atm pada umumnya terdiri dari 6 angka, meski ada juga bank yang masih menggunakan 4 angka. Untuk mendapatkan nomor pin sangat mudah. Pertama kali tentunya kita harus membuka rekening di bank dan akan mendapatkan fasilitas kartu atm (debit card) beserta nomor pin nya.

Selanjutnya nomor pin ini akan digunakan setiap kita bertransaksi di atm. Tidak hanya itu saja, pin atm ini juga akan digunakan manakala bertransaksi menggunakan mobile banking dan internet banking. Jangan sampai lupa dengan nomor pin atm, sebab jika sampai salah memasukkan nomor pin lebih dari 3 kali, maka secara otomatis kartu atm akan terblokir. Dan untuk mengurusnya kita harus datang melapor di bank bersangkutan untuk dibuatkan pin baru. Nomor pin atm tidak bersifat mengikat, artinya untuk pertimbangan keamanan dan kenyamanan, sewaktu-waktu bisa kita ganti melalui pilihan menu di mesin atm.

img_20161203_141930
Tips Bertransaksi Aman Di ATM – Sumber : Bank BRI

Beberapa orang saat ini ada yang mempunyai lebih dari satu rekening dengan kartu atm yang berbeda. Agar lebih praktis, kebanyakan orang menggunakan pin yang sama untuk semua kartu atm nya. Meski untuk alasan keamanan sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan. Pin atm ibarat jantung rekening kita. Sebaiknya jangan beritahukan pada orang lain. Sekali pin tersebut bocor, maka orang lain bisa leluasa membobol rekening tabungan kita. Baca juga : 5 Kelebihan Deposito Dibandingkan Tabungan Harian

Selain menjaga kerahasiannya, salah satu cara agar rekening tabungan tidak mudah dibobol adalah dengan membuat kombinasi angka pin atm yang aman (safety). Berikut ini ada beberapa jenis nomor pin atm yang sebaiknya tidak dipakai karena berpotensi mudah dikenali orang lain :

  1. PIN Standar Dari Bank
    Pin standar adalah nomor pin yang pertama kali didapatkan dari bank pada saat awal pembukaan rekening atau penggantian kartu atm yang rusak/terblokir. Meski bisa digunakan untuk seterusnya, sebaiknya segera ganti pin tersebut dengan pin baru buatan sendiri, karena pin tersebut umumnya sangat sederhana dan mudah dikenali.
  2. Angka Kembar
    Angka 111111, 333333, 000000 dan seterusnya adalah deretan angka kembar yang seringkali dipakai untuk nomor pin atm. Bagi kebanyakan orang awam memang hal tersebut memudahkan untuk diingat. Tapi seiring dengan semakin canggihnya tehnik kejahatan perbankan dewasa ini, sebaiknya jangan gunakan lagi kombinasi angka tersebut untuk pin atm.
  3. Nomor Urut
    Selain angka kembar, deretan nomor urut juga termasuk yang paling sering dipakai orang sebagai nomor pin atm nya. Angka 123456 atau 567890 dst.adalah angka paling mudah untuk dicoba pertama kali oleh si pembobol rekening. Sebaiknya gunakan nomor acak untuk pin atm agar tidak mudah dikenali.
  4. Tanggal Lahir Pribadi
    Tanggal lahir pribadi memang sesuatu yang pasti mudah diingat. Karenanya tanggal lahir (ddmmyy) ini menjadi deretan angka favorit untuk digunakan sebagai pin atm. Namun pada kebanyakan kasus manakala anda kehilangan dompet berserta ktp/sim dan kartu atm di dalamnya, maka tanggal lahir adalah pin yang pertama kali akan dicoba oleh si pencuri untuk membobol rekening anda. Tanggal lahir juga seringkali menjadi modus pencurian rekening dimana pelakunya dari pihak keluarga atau orang terdekat.
  5. Sudah Pernah Diinfokan
    Karena keterbatasan waktu atau sebab lain, mungkin anda pernah meminta tolong pada saudara, teman, atau rekan kerja untuk mengambilkan uang di rekening dengan memberitahukan pin atm kita. Tanpa bermaksud negatif pada orang lain, sebagai upaya preventif sebaiknya jangan gunakan lagi pin tersebut dan segera ganti dengan pin baru demi keamanan rekening anda.

Tidak mudah memang mengingat kombinasi 6 angka pin atm. Agar mudah dihapal, pin atm memang seringkali diidentikkan dengan sesuatu yang melekat pada ingatan pemiliknya. Bisa momen tertentu atau hal lainnya. Diantaranya tanggal menikah, tanggal kelulusan, tanggal pertama kali masuk kerja, atau kombinasi antara nomor telpon dan nomor rumah dan sebagainya bisa juga dipertimbangkan sebagai pin atm. Yang pasti, selain mudah diingat tingkat keamanannya juga harus terjaga.

 

Salam Share,

Iklan

4 tanggapan untuk “Jangan Gunakan PIN ATM Ini Agar Rekening Tidak Mudah Dibobol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s