Mengapa Memiliki SIUP Itu Penting? Ini 4 Manfaat Utamanya

Mengapa Memiliki SIUP Itu Penting? Ini 4 Manfaat Utamanya

Manfaat SIUP – Usaha perdagangan adalah segala bentuk kegiatan usaha yang bergerak di sektor perdagangan yang bersifat tetap dan berkelanjutan untuk memperoleh keuntungan. Sektor perdagangan merupakan sektor usaha yang begitu dominan dalam perekonomian suatu negara karena bisa berpengaruh terhadap sektor yang lain, seperti sektor manufaktur, transportasi dan keuangan. Majunya sektor perdagangan ini akan menyerap barang-barang produksi, membutuhkan transportasi untuk pengiriman dan sektor keuangan sebagai lalu lintas pembayaran atau transaksi, dan lain sebagainya. Baca juga : Alasan Sulitnya Memasarkan Asuransi Di Indonesia

Salah satu dokumen penting yang perlu dimiliki oleh pelaku usaha yang bergerak di bidang perdagangan adalah surat izin usaha perdagangan (SIUP). Tahapan pertama dalam membuat SIUP adalah dengan membuat akta pendirian perusahaan/badan usaha melalui notaris. Selanjutnya kita bisa mengurus SIUP tersebut di kantor dinas perdagangan dan perindustrian setempat. Batasan yang tercantum dalam SIUP ini boleh mencakup perdagangan beberapa barang dan jasa dengan masa berlaku selama 5 tahun.

IMG_20160621_221531
Klasifikasi SIUP – Sumber : bri.co.id

Sebagaimana diatur dalam peraturan menteri perdagangan, Permendag No.   No. 46/M-DAG/PER/9/2009, surat izin usaha perdagangan atau SIUP terbagi dalam beberapa klasifikasi usaha tergantung pada besarnya nilai kekayaan bersih. Ada SIUP usaha mikro, kecil, menengah dan besar (lihat grafis). Selain itu juga dibedakan warnanya. Untuk SIUP usaha mikro berwarna hijau, usaha kecil warnanya putih, warna biru untuk usaha menengah, dan kuning untuk SIUP usaha besar. Mengapa memiliki surat izin usaha begitu penting? Karena SIUP mempunyai sejumlah manfaat, diantaranya :
1. Perluasan Pasar
Ketika permintaan akan barang terus bertambah, tentunya usaha semakin berkembang dari yang awalnya sebagai pengecer kemudian naik level menjadi distributor atau agen. Untuk bisa menjadi agen tentu harus punya akses ke pabrik atau retailer besar (wholesaler). Dan disinilah biasanya dipersyaratkan kepemilikan SIUP. Selain itu dengan mempunyai SIUP kita bisa berkesempatan mengikuti proyek tender/lelang pengadaan barang di lingkungan instansi pemerintah dan swasta.
2. Akses Modal Ke Bank

IMG-20170312-WA0017
Contoh SIUP Usaha Kecil

Dunia usaha tidak bisa dilepaskan dari masalah permodalan, khususnya dari perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Meskipun bukan persyaratan mutlak, namun untuk kredit dengan plafond tertentu biasanya pihak bank akan mempersyaratkan kepemilikan SIUP. Agar bisa meyakinkan pihak bank pada saat mengajukan kredit usaha, kelengkapan izin usaha seperti SIUP, TDP dan NPWP akan menjadi bahan pertimbangan. Bank tentunya tidak akan mendanai sektor usaha yang ilegal atau bertentangan dengan hukum.
3. Usaha Bersama
Ketika sebuah usaha dagang dijalankan oleh lebih dari satu orang baik dalam hal permodalan maupun pengelolaan, maka untuk menghindari sengketa di kemudian hari, sebaiknya harus memiliki SIUP. Karena di akta pendirian SIUP nantinya akan dijelaskan bentuk badan usaha CV atau PT, serta pihak-pihak yang ikut andil atas kepemilikan dan ikut bertanggung jawab atas operasional usaha.
4. Peraturan Pemerintah
Untuk menciptakan iklim usaha yang baik, pemerintah menetapkan peraturan tentang kewajiban memiliki SIUP. Selain berguna untuk pendataan jumlah pelaku usaha, peraturan tersebut juga berguna untuk administrasi pelaporan pajak. Di dalam SIUP juga tercantum batasan usaha yang boleh dijalankan, biasanya boleh lebih dari satu jenis usaha, sehingga bisa lebih tenang dalam menjalankan usaha karena aspek legalitasnya sudah terpenuhi.

Salam Share,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s