6 Kebiasaan Negatif Yang Menyebabkan Blog Ditinggalkan Pembaca

6 Kebiasaan Negatif Yang Menyebabkan Blog Ditinggalkan Pembaca

Blogging Tips โ€“ Bagi para blogger, blog yang sepi pengunjung adalah sebuah mimpi buruk yang nggak ingin dialami. Membaca judul di atas pasti sudah bisa membayangkan kira-kira isi artikelnya gimana. Pastinya sudah banyak artikel serupa yang membahas topik ini. Tapi meski judulnya mirip-mirip dengan yang lain,

saya akan mencoba menulisnya dari sisi yang berbeda berdasarkan pengalaman pribadi selama ngeblog. Sudah ngeblog berapa lama? Ya, tanpa terasa blog ruangshare ini sudah berjalan hampir 2 tahun. Dari yang awalnya pakai domain gratisan ruangshare.wordpress.com kemudian upgrade ke yang berbayar menjadi ruangshare.com. Traffic Blog atau jumlah pengunjungnyapun semakin lama semakin meningkat signifikan.

ruangshare new
ruangshare.com

Blog yang awalnya hanya sekedar iseng untuk menyalurkan hobi menulis, lama-lama membuat saya seperti addictย untuk terus menulis dan berbagi informasi buat para follower ataupun mereka yang hanya sekedar singgah (blog walking). Materi artikelnya pun sengaja saya buat seringan mungkin yang sekiranya dibutuhkan oleh banyak orang dengan beberapa kategori seperti Ruang Usaha, Ruang Finansial dan Ruang Publik yang materinya lebih bersifat umum agar bisa lebih kaya informasi. Meskipun sebuah blog masih aktif dan mempunyai banyak pengikut, lambat laun bisa saja ditinggalkan oleh readers atau pembacanya. Dan agar blog bisa bertahan lama dan tetap menarik para readers, sebaiknya hindari kebiasaan negatif berikut ini :

  1. Moody
    Tidak bisa dipungkiri, moody atau susana hati bisa mempengaruhi ide dalam menulis. Mood menulis adalah musuh besar para blogger. Jika mood sedang baik, kita bisa sangat produktif sekali menulis. Dalam sehari mungkin kita bisa saja menulis 3-5 artikel bahkan lebih. Namun sebaliknya jika kehilangan mood menulis, satu artikelpun akan terasa sangat berat. Jagalah mood menulis agar artikel di blog kita tetap terupdate secara kontinyu. Solusi yang sering ditempuh oleh para blogger untuk mengatasi rasa moody ini adalah dengan menggunakan jasa penulis lepas (freelancer) untuk membantu menulis artikel dengan bayaran tertentu sesuai dengan topik yang diinginkan. Baca juga : Profesi Sebagai Penulis Artikel Yang Menggiurkan
  2. Asal Tulis Materi
    Ketika seseorang mengklik blog anda di search engine, tentu dia berharap mendapat informasi yang dibutuhkan. Karenanya jangan asal menulis artikel tanpa kita tahu isi materinya. Terlebih dengan menulis judul yang terlalu berlebihan hanya sekedar mengundang rasa penasaran. Artikel yang baik adalah yang berdasarkan pengalaman pribadi, observasi atau penelitian, atau sumber lain yang bisa dipertanggungjawabkan. Artikel yang sering dicari biasanya seputar Tips dan Trik tentang masalah tertentu.
  3. Topik Berulang
    Pada saat kita memposting sebuah artikel, ternyata artikel tersebut disukai oleh banyak orang dan mendatangkan banyak trafik, kita akan cenderung tertarik menulis topik yang sama di kemudian hari. Bagi para blogger, trafik memang segalanya. Trafik yang tinggi membuat blog kita semakin dikenal dan bisa mendatangkan iklan. Namun jika hal tersebut sering kita lakukan, maka akan membuat bosan para readers karena materinya hanya itu-itu saja.
  4. Copas Artikel
    Ups!!! Jangan pernah mencoba copas artikel dari blog lain. Di dunia blogging hal-hal yang berbau plagiat seperti ini sangat diharamkan. Jika blog sering berisi materi-materi hasil copy paste dari blog lain, maka bersiaplah untuk ditinggalkan oleh para pembaca. Bahkan kemungkinan terburuknya blog kita bisa di banned atau menghadapi gugatan hukum jika berkaitan dengan hal-hal yang melanggar hak cipta.
  5. Anti Haters
    Seringkali ada pembaca yang menanggapi tulisan kita dengan kalimat negatif di kolom komentar. Sebaiknya kita tidak perlu menjadi anti haters dan menanggapi secara negatif pula. Tetap balas komentar tersebut dengan santun, tidak perlu terpancing emosi dengan komentar negatif pembaca. Sisi baiknya adalah mereka yang berkomentar berarti telah membaca dan menaruh perhatian lebih pada tulisan kita.
  6. Enggan Blogwalking
    Selain mengisi blog dengan artikel-artikel baru dan mempostingnya di akun sosial media, cara lain untuk mengundang orang agar datang ke blog kita adalah dengan melakukan blogwalking. Yaitu dengan berkunjung ke blog lain dan berinteraksi di blog tersebut. Bisa dengan menulis komentar, mem-follow, memberi tanda suka/like atau me-share jika ada artikel menarik. Aktivitas tersebut akan terbaca oleh pemilik blog dan umumnya mereka akan melakukan kunjungan balik ke blog kita. Jadi jangan pernah enggan melakukan blogwalking, sesekali perlu dilakukan agar blog kita semakin dikenal dan mendatangkan pengunjung baru.

Beberapa kebiasaan tadi sangat berpengaruh pada eksistensi blog kita agar tidak ditinggalkan oleh pembacanya. Terlihat simpel tapi sangat penting untuk kita pahami, khususnya bagi para blogger.

 

Salam Share,

Iklan

12 tanggapan untuk “6 Kebiasaan Negatif Yang Menyebabkan Blog Ditinggalkan Pembaca

  1. saya baru pindah dari yg gratisan ke self hosting, awal agustus 2017. gubrak lngsung drastis page view nya. drastis turun, jadi ingat pom bensin. di mulai dari nol ya mas. ๐Ÿ˜…
    terkait moody nulis, ya sepertinya begitulah. mulai januari 2016 nempelin tulisan di wordpress, sampai akhirnya mencoba self hosting agustus 2017. ada masa aktif ada masa pasif, tp umumnya sesama blogger orangnya asyik asyik. pada nyaman untuk diajak ngobrol bercanda diskusi maupun tempat konsultasi.

    Suka

    1. Yang penting konsisten nulis aja.cari topik yg bagus.terus jgn lupa di share ke akun sosmed dan media lainnya. nanti seiring lamanya umur blog, trafik dan page view akan naik dgn sendirinya.itu sih sedikit pengalaman saya.

      Suka

  2. Salam hangat Pak Teguh,
    saya sependapat dengan opini bapak, terutama poin nomor 2, yaitu jangan asal menulis materi. kadang saya sendiri sampai bingung bagaimana caranya apa yang saya tulis bisa benar benar memberikan pengaruh kepada para pembaca, jadi selalu itu saya tekankan agar tidak asal asal an dalam menulis artikel di blog, untuk keseluruhan poin yang bapak sebutkan di atas saya sangat sependapat, terima kasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s