Kelebihan Menjalankan Usaha Sambil Bekerja

Kelebihan Menjalankan Usaha Sambil Bekerja

Usaha Sambil Kerja – Siapa yang gak mau punya usaha sampingan meskipun saat ini sedang bekerja? Sebagian besar dari kita tentunya ingin menambah penghasilan dengan memiliki usaha sampingan. Namun kali ini kita tidak membahas mengenai macam-macam usaha sampingan, karena sudah pernah kita ulas di artikel sebelumnya. Tapi tentang kelebihan menjalankan usaha sambil bekerja.

Maksudnya adalah kita memiliki atau menjalankan sebuah usaha tanpa harus meninggalkan profesi sebagai karyawan. Baca juga : Lima Usaha Sampingan Yang Cocok Untuk Karyawan

20170203_200739
contoh usaha sampingan

Bekerja dimanapun dan setinggi apapun jabatan di kantor, pasti terbersit keinginan untuk mulai menjalankan usaha sendiri. Apalagi jika sudah mendekati usia masa pensiun. Baca juga : Mengapa Harus Punya Penghasilan Sampingan? Menjalankan usaha sampingan tersebut bisa dengan melibatkan keluarga, joint dengan orang lain, atau dijalankan sendiri pada saat hari libur. Terlepas dari usaha apa yang akan dipilih, menjalankan usaha sambil kerja itu mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya :

  1. Modal Cukup. Modal agaknya tidak terlalu menjadi masalah serius ketika kita hendak mulai usaha pada saat masih bekerja. Modal tersebut bisa dari tabungan yang kita sisihkan dari gaji bulanan kita, atau mencari pinjaman/kredit usaha dari bank yang sumber pembayarannya bisa di cover dari gaji.
  2. Side Income. Sebagaimana dijelaskan di awal, dengan menjalankan bisnis sampingan, berarti kita berpeluang mendapatkan gaji sampingan (side income). Jika usaha semakin berkembang, bisa jadi side income yang kita dapat ini lebih besar dari gaji bulanan di kantor.
  3. Fleksibel. Namanya aja usaha sambilan, menjalankannya pun lebih fleksibel di sela-sela kesibukan kerja. Namun jika sudah mampu merekrut karyawan atau dijalankan dengan anggota keluarga, usaha ini tentunya bisa berjalan lebih kontinyu tanpa mengganggu aktivitas pekerjaan di kantor. Bahkan banyak para entrepreneur yang merintis usahanya sambil bekerja dan kudian memilih resign ketika usahanya sudah berkembang.
  4. Banyak Relasi. Kelebihan lainnya ketika masih bekerja kita mempunyai relasi yang luas yang sedikit banyak bisa membantu kelancaran usaha. Baik yang berkaitan dengan masalah perijinan, permodalan maupun pemasaran, dan urusan lainnya. Terlebih jika kita bekerja di sebuah instansi layanan publik yang sering berinteraksi dengan banyak orang dari beragam profesi tentunya bisa menjadikan referensi relasi yang baik.

Beberapa kelebihan tadi tentunya menjadi sebuah nilai tambah bagi yang ingin berbisnis sambil kerja. Namun yang terpenting lagi sebelum memulainya, perencanaan usaha tetap harus disusun secara matang. Karena berapapun modal yang dikeluarkan adalah pengorbanan atas kerja keras kita di kantor. Jangan sampai modal yang dikeluarkan raib begitu saja karena usaha tidak berjalan sesuai harapan. Baca juga : Cara Membuat Sebuah Perencanaan Usaha

Salam Share,

Iklan

2 tanggapan untuk “Kelebihan Menjalankan Usaha Sambil Bekerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s