Transaksi-Transaksi ATM Gagal Yang Sering Bikin Panik

Transaksi-Transaksi ATM Gagal Yang Sering Bikin Panik

Transaksi ATM Gagal – Praktis, itulah kelebihan utama dari bertransaksi di ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Tanpa perlu harus antri di kantor bank dan bisa bertransaksi kapanpun tanpa terbatas jam layanan teller. Bagi kita yang sering bertransaksi perbankan tentu sudah paham betul bagaimana cara bertransaksi di ATM perbankan. Mulai dari cara memasukkan atau mengganti nomor pin, hingga memilih menu transaksi seperti tarik tunai, transfer, atau menu lainnya. Dalam hitungan detik, sistem di ATM akan beroperasi sesuai dengan menu yang kita pilih.

Baca juga : Saldo Tabungan Menyusut, Inilah Macam-Macam Biaya Yang Mengurangi Saldo Tabungan

Namun demikian, bertransaski di ATM tidak selamanya berjalan mulus. Seringkali terjadi permasalahan-permasalahan baik itu disebabkan oleh sistem perbankan maupun kelalaian dari pemilik rekening itu sendiri. Transaksi bermasalah tersebut seringkali membuat kita panik akan keselamatan uang yang ada di rekening. Selain itu juga menyebabkan urusan kita jadi tertunda karena tidak bisa melakukan transaksi di ATM. Beberapa contoh masalah dalam transaksi di ATM tersebut diantaranya :

  1. Kartu Terblokir

Personal Idetification Number (PIN) adalah serangkaian kombinasi angka (6 digit) untuk bisa bertransaksi di mesin ATM. Jika anda 3x (tiga kali) salah memasukkan nomor PIN kartu, maka sistem perbankan akan melakukan proteksi dengan melakukan blokir kartu secara otomatis. Hal ini bertujuan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan kartu oleh orang lain. Jika itu murni kelalaian anda sebagai pemilik rekening, maka anda bisa lapor ke kantor bank bersangkutan untuk dibuatkan PIN baru (reissue PIN). Baca juga : Jangan Gunakan PIN ATM Ini Agar Rekening Tidak Mudah Dibobol

  1. Kartu ATM Tertelan

Pernah mengalami kejadian ini? Bikin panik pastinya. Saat usai melakukan transaksi, namun anda lupa untuk mengakhiri pilihan menu dan bergegas meninggalkan bilik ATM, maka dalam hitungan sekian detik mesin ATM akan secara otomatis menelan kartu ATM agar tidak diambil atau disalahgunakan oleh orang yang akan bertransaksi berikutnya. Selanjutnya, anda harus membuat laporan ke bank untuk melakukan blokir dan diterbitkan kartu ATM baru.

  1. Uang Tertelan

Pada saat melakukan tarik tunai, seketika uang tertelan kembali oleh mesin ATM. Sama halnya dengan kartu tertelan, ini merupakan proteksi otomatis oleh mesin ATM dikarenakan terlalu lama mengambil uang yang sudah keluar dari mesin. Segera buat laporan ke bank untuk dilakukan koreksi pengembalian uang ke saldo rekenin anda.

  1. Uang Tidak Keluar, Saldo Terpotong

Transaksi seperti ini terkadang terjadi karena masalah di sistem perbankan. Dimana ketika kita telah memilih transaksi penarikan tunai dan terdengar suara mesin penghitung uang di mesin ATM namun ternyata uang yang ditunggu tak kunjung keluar. Celakanya ketika kita ingin mengulang transaksi tersebut, ternyata saldo di rekening sudah bekurang. Nggak perlu panik ya. Sama halnya dengan kejadian uang tertelan tadi, Anda cukup membuat laporan ke bank, dan selanjutya bank akan mengembalikan uang tersebut ke rekening anda setelah meneliti kebenaran transaksi. Hanya saja anda harus cukup bersabar, karena biasanya membutuhkan proses paling lama 14 hari kerja sejak laporan diterima.

  1. Transaksi Tidak Dapat Diproses

Setelah memilih menu di layar ATM, tiba-tiba muncul tulisan “Transaksi Tidak Dapat Diproses” di layar ATM. Anda tidak perlu panik. Mungkin sedang terjadi gangguan koneksi/jaringan di sistem IT bank. Jika setelah mencobanya kembali ternyata masih tetap sama, sebaiknya anda tidak perlu memaksakan diri untuk bertransaksi dulu daripada terjadi hal-hal yang merugikan.

Selain itu, masih banyak jenis-jenis transaksi gagal yang lain. Yang jelas anda tidak perlu panik. Cukup melapor ke kantor cabang terdekat bank anda atau menghubungi call centre bank untuk diproses lebih lanjut.

Salam Share,

 

Iklan

15 tanggapan untuk “Transaksi-Transaksi ATM Gagal Yang Sering Bikin Panik

  1. Gini kartu atm saya biasa ngambil di atm mini trus waktu atm mini tutup saya ke bank bri ..tapi malah gx bisa saya coba lagi gx bisa juga kanapa ya..?

    Suka

  2. Saya mau tanya, saya melakukan penarikan lewat atm tetapi ada pemberitahuan maaf kartu anda hilang transaksi batal itu kenapa ya?

    Suka

  3. no 2 sama no 4 saya pernah mengalaminya , sungguh membuat panik , atm tertelan waktu hari sabtu sore , terpaksa ngga jadi ambil duit , and nunggu senin buat ke bank urus kartu atm barunya hehehhehehe

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s