3 Hal Penting Dalam Menentukan Budget Liburan

3 Hal Penting Dalam Menentukan Budget Liburan

Budget Liburan – Liburan adalah saat yang paling dinanti oleh semua orang. Tak heran jika saat liburan tiba, berbagai tempat wisata dipenuhi oleh para wisatawan. Jalanan menuju destinasi wisata yang macet seperti sudah jadi pemandangan umum. Ya, berlibur memang diyakini sebagai cara ampuh untuk menghilangkan stres

dari rutinitas dan tekanan pekerjaan, sekolah, atau kesibukan yang lain (refreshing). Liburan juga seringkali bisa memperbaiki hubungan kedekatan antar teman atau anggota keluarga yang renggang.

Mau kemana liburan nanti? Dalam kota, luar kota atau bahkan ke luar negeri? Dan berapa lama. Tujuan atau destinasi liburan ini akan membawa konsekuensi seberapa besar tabungan yang harus dipersiapkan atau disisihkan untuk rencana liburan. Terlebih jika hendak mengajak anggota keluarga. Semakin besar budget liburan yang mampu kita persiapkan, semakin leluasa dalam memilih tujuan liburan kita.

Meski menyenangkan, liburan juga bisa berakhir “penyesalan” apabila tidak direncanakan dengan baik. Terutama dari segi pengeluaran. Sepulang liburan kita baru menyadari jika uang tabungan sudah terkuras banyak, atau tagihan kartu kredit yang membengkak. Saking happy nya, pengeluaran saat liburan jadi tak terkontrol. Baik untuk makan (kuliner), belanja, beli oleh-oleh dan akomodasi. So, penting sekali menentukan budget liburan, terutama jika kita berlibur bersama-sama anggota keluarga.

Menentukan budget liburan bukan berarti kita ingin berhemat dalam hal pengeluaran selama liburan, menggunakan sarana akomodasi super hemat seperti hotel non bintang, bus atau kereta kelas ekonomi, dan sebagainya. Justru sebaliknya dengan budget yang ada, kita bisa mengatur mau seperti apa dan bagaimana liburan kita nantinya sehingga liburan bisa tetap menyenangkan dan berkesan. Berikut ini ada tiga poin penting yang harus dipertimbangkan pada saat menentukan budget untuk liburan, diantaranya :

  1. Peak Season

Libur sekolah, hari raya atau hari libur nasional yang jatuh di akhir pekan (long weekend) adalah peak season-nya liburan. Di momen ini, biasanya harga tiket pesawat naik drastis, tiket kereta api sudah habis jauh-jauh hari. Begitupun dengan hotel yang serentak menaikkan tarifnya. Merencanakan liburan di waktu peak season, tentu membutuhkan persiapan dana yang lebih besar yang harus diantisipasi sebelumnya.

  1. Pertimbangkan Jasa Tour &Travel

Jika kita tidak mau diribetkan dengan berbagai urusan mengenai agenda liburan, kita bisa mempertimbangkan menggunakan jasa tour and travel yang akan mengurusi semua hal mulai pemesanan tiket, penginapan, hingga kemana tempat wisata yang ingin dikunjungi beserta pemandu wisatanya (tour guide).

img-20180122-wa0011513134472.jpg
Risnu Travel – Best Travel For Your Vacation

Biasanya perusahaan jasa tour and travel ini menyediakan paket-paket liburan lengkap dengan semua akomodasinya. Kita bisa mengambil paket liburan yang pas dengan budget atau anggaran yang ada, atau hanya memilih salah satu jasa yang ditawarkan, seperti reservasi hotel, sewa kendaraan atau pemesanan tiket pesawatnya saja. Perusahaan Tour&Tavel ini umumnya menjalin kerjasama dengan biro-biro perjalanan dan hotel, sehingga bisa mendapatkan potongan harga khusus. Lumayan menghemat bukan.

  1. Cadangkan Untuk Pengeluaran Tak Terduga

Namanya saja pengeluaran tak terduga, pastinya kita belum tahu pengeluaran apa aja yang mungkin ada selama liburan nanti. Yang pasti harus dicadangkan pada saat menyiapkan anggaran liburan agar tidak mengurangi kenceriaan liburan. Seperti tambahan belanja untuk oleh-oleh, gangguan transportasi, tambahan rute wisata, dan sebagainya. Meskipun demikian, sebisa mungkin kita usahakan agar tidak menggunakan dana ini agar pengeluaran selama liburan tidak membengkak, kecuali memang benar-benar diperlukan.

Mengingat agenda liburan ini bisa dibilang sebagai kebutuhan sekunder atau bahkan tersier, tergantung skala prioritas masing-masing orang, maka anggaran liburan sebaiknya kita sisihkan sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing agar tidak mengganggu pos-pos kebutuhan yang lebih penting.

Salam Share,

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s