Manfaat Penting Membuka Rekening Tabungan Untuk Anak

Manfaat Penting Membuka Rekening Tabungan Untuk Anak

Tabungan Anak – Kita tentu masih ingat saat masih kecil dulu diajarkan orang tua kita menabung di celengan. Menyisihkan uang jajan yang lebih, entah itu tiap hari atau tiap seminggu sekali untuk dimasukkan ke celengan ayam. Dan saat paling menyenangkan adalah manakala celengan itu sudah penuh, lalu dipecah dan dihitung jumlah uang yang terkumpul. Sebuah tradisi yang turun temurun ini  kemudian kita ajarkan pula ke anak-anak kita sekarang.

Dan kini seiring perkembangan jaman, tabungan anak pun sudah bergeser ke rekening perbankan. Produk tabungan di bank saat ini memang sudah sangat beraneka ragam, salah satunya adalah produk tabungan anak. Seorang anak yang baru lahir pun, meski belum memiliki KTP, kini bisa dibukakan rekening tabungan sendiri di bank dengan menggunakan data orang tuanya. Tentunya dengan syarat dan ketentuan khusus yang berbeda dengan tabungan umum.

Baca juga : Kenali 3 Ciri Investasi Dengan Modus Penggandaan Uang Berikut Ini

Rekening tabungan anak sebaiknya jangan diambil setiap saat untuk segala keperluan sebagaimana rekening tabungan umum. Tujuannya adalah agar tabungan tersebut bisa terakumulasi terus di masa mendatang. Disamping itu, membuka rekening tabungan anak di bank memiliki sejumlah manfaat penting, diantaranya :

  1. Perencanaan Keuangan Keluarga

Tabungan anak merupakan bagian dari perencanaan keuangan keluarga. Ketika anak masih kecil, umumnya belum terlalu membutuhkan biaya yang besar. Rekening tabungan anak, menuntut peran serta aktif dari orang tua. Untuk itu, kita bisa mengalokasikan sebagian kecil dari pendapatan untuk dimasukan ke tabungan anak. Agar tertib menabung, kita bisa meminta bank untuk memasang sistem autodebet/transfer otomatis dari rekening kita atau orang tuanya. Tanpa terasa, lambat laun tabungan tersebut akan terkumpul dan bisa digunakan untuk kebutuhan anak kita di masa mendatang.

  1. Pendidikan Keuangan Sejak Dini

Membuka tabungan anak juga bermanfaat untuk mengajarkan pedidikan keuangan sejak dini. Tujuannya agar anak tidak terbawa ke pola kehidupan boros nantinya. Ketika sang anak menginginkan membeli sesuatu, kita bisa mengajarkan untuk menabung dulu dari uang saku. Dengan memiliki rekening tabungan sendiri, anak akan termotivasi untuk rajin menabung langsung di bank.

  1. Persiapan Biaya Pendidikan Anak

Dari tahun ke tahun biaya pendidikan anak terus meningkat dan semakin mahal. Mulai dari fase pendidikan dasar hingga jenjang kuliah, biayanya sangatlah mahal. Sebagai orang tua tentunya harus mempersiapkan secara cermat. Kita pernah mengenal jenis tabungan pelajar yang dikoordinir secara kolektif oleh pihak sekolah yang nantinya bisa dipakai untuk kebutuhan biaya pendidikan. Begitupun dengan rekening tabungan anak juga bisa kita manfaatkan sebagai bagian dari persiapan biaya pendidikan anak di masa mendatang, bahkan bisa dimulai sejak anak masih bayi.

Dengan beberapa manfaat di atas, tentunya penting sekali untuk membuka rekening tabungan anak. Masing-masing bank memberikan kelebihan yang berbeda-beda. Sebaiknya pilih bank yang memberikan benefit paling banyak dan biaya administrasi paling minimal.

Salam Share,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s