Empat Cara Efektif Mempromosikan Produk Di Blog Sebagai Media Pemasaran Online

Empat Cara Efektif Mempromosikan Produk Di Blog Sebagai Media Pemasaran Online

Iklan Yang Mengganggu. Apa reaksi anda ketika sedang membuka website, tau-tau muncul iklan baik iklan gambar atau tulisan di tengah-tengah layar yang menyebabkan halaman yang sedang anda buka tertutup oleh tampilan iklan tersebut? Jengkel? Ya. Buru-buru menutup tampilan iklan tersebut? Ya. Atau segera berpindah ke website lain? Bisa jadi. Yang pasti sedikit sekali yang mau memperhatikan iklan tersebut apalagi sekedar membaca produk apa yang sedang ditawarkan. Mengapa demikian ?

Alasan pertama yang sering diungkapkan oleh para pengguna internet (netizen) karena tampilan iklan (adsense) tersebut dirasa mengganggu. Apalagi jika desain iklan kurang menarik dan tampilan yang muncul lebih dari satu. Tak jarang satu iklan ditutup, eh muncul lagi iklan yang lain, dan seterusnya. Alasan kedua karena kita sedang lebih membutuhkan informasi lain ketimbang produk yang diiklankan. Sehingga bila penempatan iklan tersebut tidak tepat, pasti akan menambah rasa jengkel pembacanya.

Menyadari pola prilaku pengguna internet saat ini membuat keberadaan blog semakin diminati sebagai alternatif media promosi online oleh para pemasar. Hal ini dikarenakan berpromosi di blog lebih bersifat soft selling. Tidak melulu memborbadir pembacanya dengan tampilan iklan yang mengganggu. Para pemasar bisa bekerja sama dengan pemilik blog (blogger) untuk menampilkan produknya di blog agar lebih dikenal. Kerja sama bisa dilakukan dengan lebih dari satu blogger. Tentu saja dengan memberikan reward tertentu, agar terjalin hubungan bisnis yang saling menguntungkan.

Agar promosi berjalan efektif, blog yang dipilih tentunya berdasarkan kriteria tertentu. Biasanya blog yang sudah berumur lama, blog yang penulisnya aktif meng-update konten dan mempunyai traffic tinggi. Sebab blog tersebut berpotensi mendatangkan banyak pengunjung yang secara tidak langsung akan mengenal lalu tertarik membeli produk yang sedang ditawarkan. Dengan demikian blog tersebut bisa berperan sebagai media buzzer yang efektif.

Bagaimana cara mempromosikan produk di blog? Ada beberapa cara yang bisa digunakan. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda. Kali ini ruangshare akan mencoba mengulasnya satu persatu.

  1. Pasang Banner

Cara ini sama dengan adsense pada umumnya, hanya saja penempatan di blog biasanya lebih rapi. Pemilik blog biasanya menempatkan banner promosi di tempat yang “lapang” dan tidak menutupi bagian artikel yang ada di blog. Sehingga menghalangi pengunjung blog yang hendak membaca artikel. Yang pasti banner tersebut akan tetap terlihat oleh pengunjung blog.

  1. Review Produk

Sebelum memutuskan membeli, konsumen biasanya mencari informasi mengenai review produk yang akan dibeli. Spesifikasi, harga, type, merk dan lainnya. Kemudian membandingkan dengan produk sejenis yang lain. Di blog kita bisa menjelaskan secara detail atau mereview produk melalui sebuah artikel singkat agar bisa meyakinkan calon pembeli (konsumen). Baca : Spesifikasi Lengkap dan Harga IPhone 8 Plus

  1. Placement Article

Cara ketiga ini hampir sama dengan review produk. Bedanya adalah artikel review produk dari awal sampai akhir memang menjelaskan tentang keseluruhan produk secara spesifik. Sedangkan placement article bisa menjelaskan tentang latar belakang dibuatnya produk tersebut, manfaat penggunaan, kelebihan dan kekurangan dibanding produk sejenis dan sebagainya. Dalam placement article ini di paragraph tertentu artikel tersebut biasanya disematkan beberapa url link menuju ke website utama pemilik produk. Baca : Kelebihan Kredit Tanpa Agunan Dari Pinjaman Lainnya

  1. Blog Walking

Cara ini dilakukan dengan mengunjungi blog-blog orang lain, kemudian berpromosi dengan menuliskan penawaran produk di kolom komentar dan menyematkan url link yang menuju ke alamat website pribadi. Meski lazim, namun cara ini umumnya kurang disukai oleh pemilik blog karena dianggap berpromosi tanpa seizin pemilik blog. Bahkan tak jarang, komentar tersebut ditandai sebagai spam.

Sebagai salah satu media online, blog juga termasuk mempunyai jangkauan yang luas. Terlebih dengan tehnik optimasi (SEO) yang benar, sebuah artikel blog bisa nangkring di tampilan teratas google search engine. Nah, jika kita mempunyai sebuah produk tak ada salahnya jika mencoba untuk berpromosi di blog sebagai salah satu strategi pemasaran. Kita bisa membuat blog sendiri ataupun bekerja sama dengan para pemilik blog yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s