Pengalaman Beriklan Di Situs Jual Beli Online OLX

Pengalaman Beriklan Di Situs Jual Beli Online OLX

Iklan Online – Saat ini media iklan sudah sangat beragam pilihannya. Mulai dari iklan baris di media surat kabar, poster, hingga iklan visual di media televisi. Tak terkecuali media-media online yang saat ini banyak bermunculan di internet pun juga menawarkan jasa promosi yang tak kalah menarik.

Mulai dari Olx, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, baik dari segi biaya, tampilan, jangkauan pasar maupun umpan balik (feedback). Sebelum memilih media iklan yang akan digunakan, tentunya harus menyesuaikan dengan produk apa yang akan ditawarkan serta yang paling penting adalah seberapa besar budget promosi anda.

Pengalaman Pertama Pasang Iklan

Beberapa waktu lalu saya berencana mengontrakkan rumah yang dulu sempat saya tinggali. Setelah menimbang sana sini, akhirnya pilihan saya jatuh pada sebuah situs jual beli online yang sudah sangat ternama, yaitu www.olx.co.id. Pasti kita semua sudah banyak yang mengenal situs ini ya. Dulu namanya Toko Bagus kemudian berganti nama menjadi Olx seperti yang kita kenal sekarang. Menariknya di Olx ini tidak hanya menawarkan barang-barang baru. tapi juga barang bekas (second) yang masih layak pakai. Tak jarang kita mendapatkan barang yang kondisinya masih bagus dan terawat.

Ya, selama ini saya sering sekali menggunakan situs ini untuk mencari-cari produk yang diperlukan atau sekedar membandingkan harga. Meskipun sudah lama mengenal situs ini, namun ini adalah pengalaman pertama saya memasang iklan atau bertindak sebagai penjual. Sehingga butuh waktu sejenak untuk mempelajari cara-cara beriklan disini. Ok, kali ini saya akan berbagi pengalaman beriklan di Olx. Buat yang belum tau, mungkin bisa sedikit menambah wawasan.

  • Daftar Akun

Jika anda sebagai pencari iklan (pembeli), anda bisa langsung membuka dan search barang yang dibutuhkan. Namun ketika hendak memasang iklan, tahap pertama harus membuka akun dulu agar bisa login ke situs tersebut dan data anda ter-record oleh server Olx. Sehingga calon pembeli bisa lebih mudah menghubungi anda . Caranya sangat mudah, cukup dengan memasukkan alamat email dan membuat password. Oh ya, sebaiknya gunakan laptop atau pc ya, karena ketika saya mencobanya dengan HP, menu Daftar-nya tidak bisa dibuka. Lalu setelah mendapatkan email balasan untuk mengkonfirmasi pendaftaran, maka akun siap digunakan.

  • Tentukan Judul dan Kategori Iklan

Setelah login ke situs, tahap berikutnya pada saat hendak memasang iklan adalah menulis judul dan memilih kategori produk. Untuk judul buatlah yang singkat, padat dan jelas. Tujuannya agar enak dibaca dan mudah dipahami. Bisa dengan mencantumkan daerah khusus, kondisi barang atau karakteristik lainnya untuk menarik perhatian pembaca iklan. Ada banyak pilihan kategori iklan yang tersedia, kita tinggal memilih salah satu. Mulai dari rumah, kendaraan, peralatan rumah tangga, dan sebagainya. Kesalahan dalam memilih kategori akan berpengaruh pada tampilan iklan anda di mesin pencari web.

  • Isi Detail Iklan

Setelah memilih kategori, kita harus melengkapi detail iklan dengan mengisi kotak-kotak yang otomatis akan muncul sesuai masing-masing pilihan kategori.

Isi semua kotak tersebut sesuai kondisi sebenarnya sebagaimana yang tercantum di sertifikat untuk iklan rumah, bpkb untuk iklan kendaraan, label/box untuk barang lainnya. Temasuk kondisi apakah barang tersebut baru/bekas. Apabila ada informasi tambahan, kita bisa menambahkannya di bagian deskripsi iklan yang tersedia, agar pembaca semakin jelas. Jangan lupa pula untuk mencantumkan nomor telepon dan email aktif sebagai sarana berkomunikasi dengan calon pembeli.

  • Upload Foto

Langkah berikutnya adalah dengan mengunggah (upload) foto. Situs ini mensyaratkan minimal 3 buah foto dan maksimal 8 foto dengan ukuran maksimum 5 Mb. So, jika ukuran file fotomu lebih dari 5Mb, maka kamu harus me-minimize-nya dulu agar bisa diunggah.

Iklan Rumah di Olx

Cantumkan foto yang jelas dan terlihat dari berbagai sisi. Perhatikan pencahayaan foto agar tidak terlihat kabur atau buram agar semakin meyakinkan calon pembeli.

  • Paket Iklan Berbayar

Opsional. Olx memang menyediakan jasa iklan gratis. Namun di akhir sesi, kita diberikan pilihan fitur iklan berbayar. Setiap hari puluhan, bahkan bisa jadi ratusan orang yang memasang iklan di Olx. Dan dalam beberapa hari, iklan kita akan tergeser ke urutan bawah. Sehingga lama kelamaan akan tenggelam oleh iklan-iklan yang baru muncul. Nah, fitur iklan berbayar ini memberikan kelebihan (privilege) bahwa iklan anda akan muncul di urutan teratas sesuai kategori produknya selama sekian hari, tergantung fitur paket yang dipilih. Ada yang 3 hari, 7 hari, 14 hari dan 30 hari dengan tarif yang bervariasi. Dengan adanya fitur ini tentunya semakin memperbesar peluang terjual karena bisa dilihat banyak orang.

Ternyata cukup mudah bukan. Apabila ada barang yang hendak dijual, tak ada salahnya untuk mencobanya. Siapa tau rejeki. Jangan lupa menonaktifkan iklan apabila barang anda sudah laku agar anda tidak dihubungi terus oleh calon pembeli. Selamat mencoba.

Salam Share,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s