Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Bisnis Online

Bisnis Online – Membangun bisnis sendiri bukanlah hal yang mudah, perlu perencanaan yang matang agar bisnis kita bisa tetap bertahan dan berjalan lama. Begitu pula hal nya dengan bisnis online. Entah itu menjadi reseller atau untuk menjual produk sendiri. Kalau kamu berencana menjalankan bisnis online, berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum bisnis online.

  1. Miliki Mindset Bisnis yang Benar

Kenapa kamu berniat membuka bisnis online? Jika hanya karna mengikuti trend apalagi sekedar iseng, sebaiknya lupakan saja. Kamu harus memastikan bahwa bisnis online yang akan kamu buka tersebut adalah hal yang benar-benar ingin kamu kerjakan.

Jangan pula menganggap bisnis itu seperti judi, tidak jelas apakah akan berhasil atau tidak. Sebab bisnis adalah peluang. Dan peluang tersebut ada, karena kamu sendiri menciptakannya. Ambil kesempatan yang ada, dan manfaatkan dengan baik. Miliki mindset yang benar mengenai bisnismu, dengan demikian akan lebih mudah bagi kamu dalam mengerjakan setiap prosesnya.

  1. Rencanakan Bisnis dengan Matang

Ketika kamu berencana membuka bisnis onlline, tentukan juga jenis bisnis online seperti apa yang akan kamu lakukan baik itu bisnis usaha sampingan ataupun usaha yang utama. Pikirkan juga bagaimana dan darimana memulainya, apa saja yang akan kamu butuhkan, target pasar yang dituju, besar modal yang diperlukan, juga pekerja dan lain sebagainya.

Kamu harus membuat perencanaan bisnis (bussines planning) yang matang, termasuk didalamnya perencanaan finansial untuk bisnismu. Jangan sampai bisnis yang kamu jalankan tidak bertahan lama atau bahkan berhenti ditengan-tengah karna kurangnya perencanaan. Rugi waktu, tenaga dan juga uang pastinya.

  1. Promosi yang Tepat Sasaran

20190924_2204031273661937.jpgDalam sebuah usaha, promosi merupakan hal yang sangat penting. Sebab melalui promosilah para pelanggan produk atau jasa yang kamu jalankan didapat. Pastikan bahwa kamu melakukan promosi yang tepat sasaran, sehingga para pengguna internet yang menjadi pangsa pasarmu bisa menemukan produkmu dan tertarik membelinya.

Promosi melalui internet tentu saja harus kamu lakukan, karna bisnismu merupakan bisnis online. Selain itu promosi melalui internet relatif mudah, murah, dan dapat menjangkau banyak orang bahkan lintas negara dengan cepat. Hanya saja, tidak mudah menarik minat pengguna internet untuk melirik iklanmu diantara berjibum iklan produk serupa lainnya.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan promosi online antara lain waktu unggah, target pasar, isi caption, dkk.  Atur strategi, pada pukul berapa saja kamu akan mengunggah iklan produkmu. Pastikan kamu mengunggah di jam-jam di mana traffic pengguna internet sedang tinggi.

Target pasarmu juga perlu diperhatikan, baik rentang usia serta wilayah tempat tinggal. Misalkan jika target pasarmu adalah generasi milenial atau gen Z, maka promosi instagram bisa menjadi pilihan yang tepat. Konten iklan produkmu juga harus diperhatikan, pastikan berupa foto atau video yang menari, dengan caption yang menarik pula. Gunakan bahasa yang sesuai dengan target pasarmu.

  1. Pelajari Trend Bisnis

Ketika memilih sebuah peluang usaha, jangan hanya terpatok pada satu usaha yang kamu sukai saja. Bukan berarti kamu harus melakukan beberapa usaha, maksudnya adalah perhatikan juga apa yang sedang dibutuhkan pasar. Sebab bisnis yang laku adalah bisnis yang menjawab kebutuhan konsumen.

Dunia bisnis bersifat dinamis, oleh karena itu kamu harus mempelajari bisnis apa yang dibutuhkan pasar saat ini, dan masih akan tetap dibutuhkan pasar hingga bertahun – tahun kedepan. Pertimbangkan pula perkembangan jaman, apakah usahamu tersebut masih akan menjadi trend dimasa depan. Ciptakan peluang usaha yang berpotensi berumur panjang.

  1. Kredibilitas Usahamu

Karna kamu masih pebisnis pemula, bukan berarti kamu bisa menyepelekan kredibilitas usahamu. Lakukan semua yang kamu bisa dengan serius untuk membuat usahamu mendapat kepercayaan dimata publik. Sebab semakin tinggi kredibilitas usahamu di mata publik, maka semakin mudah pula kamu mendapatkan konsumen.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk memupuk kredibilitas usahamu misalnya dengan mencantumkan alamat serta nomor kontak yang jelas, memiliki official website yang menjelaskan usahamu secara detail, memberikan respon chat yang cepat dan tepat, pelayanan yang ramah, dan lain sebagainya.

Dengan demikian konsumen mendapatkan kesan positif mengenai usahamu, dan akhirnya timbul rasa percaya yang makan membuat kredibilitas usahamu semakin tinggi di mata publik, khususnya dimata konsumenmu.

Demikian artikel mengenai hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis online ini. Ada banyak hal yang haru kamu pikirkan terkait bisnis online yang akan kamu jalankan. Jangan sampai kamu hanya mengikuti trend tanpa mengetahui secara detail bagaimana usaha tersebut akan kamu jalankan, kentungan yang akan bisa kamu dapatkan, modal yang dibutuhkan, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat!

Article by : Fajar Adi W.

Satu respons untuk “Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Bisnis Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.