Ini Pertanyaan Interview Kerja Untuk Fresh Graduate dan Tips Menjawabnya

Interview Kerja – Untuk para lulusan baru atau fresh graduate, memperoleh pekerjaan adalah hal yang diharapkan segera didapatkan. Namun, karena belum memiliki pengalaman yang mumpuni, sering kali momen interview kerja malah membuat grogi. Akibatnya, mereka malah tidak maksimal menjalaninya.


Pertanyaan interview kerja yang sering muncul untuk fresh graduate bisa anda jawab dengan baik asal mengetahui tipsnya. Sehingga peluang diterima kerja akan lebih besar. Berikut informasinya!

Ceritakan Tentang Dirimu

Di awal sesi, pertanyaan interview kerja yang umum ditanyakan adalah anda diminta untuk menceritakan tentang diri anda. Untuk menjawabnya, anda harus menjadi diri sendiri dan ceritakan dengan jujur. Namun, pastikan profil diri yang diceritakan berfokus pada pengalaman bidang pekerjaan dan kemampuan anda. Dimulai dari cerita pendidikan yang anda tempuh, pengalaman berorganisasi, pengalaman kerja (jika ada), dan keahlian.

Jelaskan Kelebihan dan Kekuranganmu

Selanjutnya, akan ada pertanyaan interview kerja mengenai kelebihan dan kekuranganmu. Perlu diingat, jawablah sesuai dengan konteks pekerjaan. Jelaskan kelebihan anda dalam bekerja. Sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman, anda bisa mengibaratkannya seperti kelebihan anda saat bekerjasama dengan tim (kerja kelompok), maupun dalam berorganisasi.

Misalnya, anda cukup komunikatif, inovatif, kreatif dalam memberikan ide, mampu memecahkan masalah-masalah, dan lain sebagainya. Hindari kata yang klise seperti bertanggung jawab atau pekerja keras. Sedangkan untuk kekurangan, sebutkan kekurangan anda secara jujur namun pastikan anda menemukan solusi atas kekurangan itu. Contohnya, anda sangat perfeksionis sehingga akan menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas tanpa melimpahkannya ke orang lain. Atau juga anda sulit melakukan presentasi namun kini sedang mengambil kelas public speaking.

Baca juga: Kamu Berhak Bungkam Jika Mendapat Pertanyaan Ini dalam Wawancara Kerja

Alasan Melamar di Perusahaan Ini

Pertanyaan interview kerja yang satu ini memang terkesan menjebak. Untuk menjawabnya, tunjukkanlah bahwa anda ingin bergabung dengan perusahaan ini karena melihat potensi besar perusahaan. Bukan menunjukkan sikap pasrah seolah anda hanya ingin bekerja di mana saja dan kebetulan perusahaan itu sedang membuka lowongan. Tunjukkan antusiasme anda dalam melihat perkembangan perusahaan ini, dan jawab bahwa anda begitu ingin mendapatkan pengalaman dan tantangan baru di sana.

Berapa Gaji yang Diinginkan

Para fresh graduate terkadang bingung ketika mendengar pertanyaan interview kerja tentang berapa gaji yang diinginkan. Padahal, anda cukup menyebutkan angka atau nominal gaji yang sesuai dengan standar dan kemampuan yang anda miliki. Tidak ada salahnya jika anda terlebih dulu riset standar gaji di perusahaan itu.

Juga, pertimbangkan bahwa setiap pekerja layak mendapatkan upah minimum sesuai regionnya (UMR). Kemudian sesuaikan dengan keahlian dan seberapa besar kontribusi yang bisa kamu berikan untuk perkembangan perusahaan tersebut. Sebab nantinya, tim HR akan tetap melakukan nego gaji jika angka yang kamu ajukan dirasa terlalu tinggi. Jadi, santai saja dan sesuaikan dengan standarmu, ya.

Tips Dapatkan Kesan Pertama yang Baik

Selain cara menjawab, kesan pertama yang baik juga diperlukan untuk meningkatkan peluang diterimanya sebuah pekerjaan. Untuk membentuk kesan baik ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yakni sebagai berikut:

  • Berikan salaman yang erat dan tatap mata pewawancara. Hal ini untuk menunjukkan keyakinan/kepercayaan diri, serta bentuk menghargai lawan bicara.
  • Berbicara hanya sesuai dengan fokus bahasan. Jelaskan profil diri dan hal lainnya dalam konteks pekerjaan, bukan hal-hal yang bersifat pribadi termasuk masalah pribadi.
  • Latih artikulasi agar jelas dan lacar berbicara. Biasakan diri anda untuk berbicara dengan jelas agar enak didengar dan mudah dipahami.
  • Hindari sikap plin-plan, grogi berlebih, dan lama berpikir. Hal ini untuk menunjukkan bahwa anda orang yang memegang prinsip.

Selain itu, ada beberapa pertanyaan interview lainnya yang paling sering muncul saat sesi mencari kerja. Anda bisa menjawabnya dengan mengklik link artikel berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/jangan-gugup-ini-10-pertanyaan-yang-sering-muncul-di-sesi-interview-kerja/

cek aja

Article by : Bayu Febrian

4 respons untuk ‘Ini Pertanyaan Interview Kerja Untuk Fresh Graduate dan Tips Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.