Jangan Tertipu! Inilah 7 Ciri-Ciri Jasa Pinjaman Online Yang Menipu

Pinjaman Online – Dengan menjamurnya jasa pinjaman dana online kilat, ada banyak sekali kesempatan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Namun di sisi lain ada banyak juga kesempatan untuk orang-orang yang berniat tidak baik untuk menipu dan menjebak seseorang, terutama mereka yang sudah terbebani oleh masalah finansial. Berikut adalah 7 ciri-ciri jasa pinjaman online yang Anda harus waspadai.

1. Syarat terlalu mudah, bahkan tidak ada syarat apapun

Semua jasa pinjaman online perlu mempertimbangkan calon peminjam agar tidak merugikan lembaga jasa itu sendiri. Mereka akan meminta minimal KTP, slip gaji, dan status kesehatan kredit Anda. Fungsinya agar mereka tahu diri Anda siapa, dan apakah Anda dapat melunasi hutang. Jika jasa pinjaman online itu tidak mempertanyakan hal-hal tersebut, maka Anda harus waspada.

2. Menggunakan alamat email tidak resmi

Banyak penipu akan menggunakan alamat email tidak resmi karena memang mereka bukan bagian dari organisasi apapun. Jika alamat email itu terlihat resmi, lihat dulu dengan teliti! Apakah mereka juga memiliki alamat kantor dan situs resmi? Jika mereka tidak punya hal-hal tersebut, maka Anda harus berhati-hati.

3. Meminta uang muka

Tidak ada alasan untuk sebuah jasa peminjaman uang online untuk meminta uang kepada Anda terlebih dahulu. Jasa peminjam uang apapun murninya mendapatkan pemasukan dari bunga. Jika mereka meminta uang muka, Anda harus meragukan mereka.

4. Website tidak aman

Seperti poin yang tercantum di nomor 2, website yang dimiliki oleh jasa peminjam online harus resmi dan mempunyai mekanisme keamanan. Yang dimaksud adalah, ciri-ciri khas website yang tidak secure adalah yang menawali URL mereka dengan “http://”, bukan “https://”. Lihatlah secara teliti bahwa ada satu huruf yang hilang.

5. Terkesan memaksa

Ciri-ciri orang penipu adalah mereka yang rajin merayu dengan penawaran-penawaran yang meragukan. Jika Anda menolak atau menunda jasa mereka, Anda akan mendapatkan beberapa e-mail dari mereka setiap hari. Pasti tidak lama Anda tidak merasa nyaman. Jika Anda merasa tidak nyaman, dengarkanlah diri Anda. Ingat, jasa apapun yang profesional akan memfokus diri mereka untuk membuat Anda nyaman dan tidak memaksa.

6. Meminta informasi pribadi yang berlebihan

Berkaitan dengan poin yang pertama, informasi yang diperlukan oleh jasa peminjaman online adalah yang berkaitan dengan kemampuan finansial Anda, seperti slip gaji dan status kesehatan kredit Anda. Informasi personal memang penting, seperti KTP dan alamat Anda, nomor handphone dan e-mail Anda yang dapat dihubungi, serta dokumen resmi yang berhubungan dengan aset yang digadai atau dijadikan jaminan, seperti BPKB untuk kendaraan, sertifikat logam murni untuk emas dan perak, dan slip garansi untuk alat elektronik. Selebihnya Anda harus tanya mereka untuk apa informasi dipakai. Jika jawabannya meragukan, Anda harus waspada.

Contohnya, sebuah jasa memperlukan PIN rekening Anda. PIN adalah nomor rahasia untuk mengakses kekayaan Anda di sebuah rekening bank, dan hanya Anda yang bisa tahu. Sertifikat kelahiran juga tidak penting, karena data tersebut tidak berkaitan dengan kemampuan finansial Anda.

7. Ulasan netizen yang negatif

Jika Anda ragu untuk mempercayai sebuah jasa peminjaman online, Anda cukup perlu searching nama jasa tersebut dan carilah ulasan yang didapat dari orang-orang yang sudah berpengalaman memakai jasa mereka. Meskipun terdapat opini netizen yang beragam-ragam mengenai produk dan jasa, hampir tidak ada netizen yang akan sengaja berbohong tentang sesuatu yang membahayakan. Jika Anda tidak menemukan ulasan negatif satu pun dari berbagai macam ulasan positif, Anda harus hati-hati! Kemungkinan besar mereka lah yang memberi ulasan positif telah dibayar untuk memberi opini yang palsu, alias kebohongan!

Untungnya Anda tidak akan kesulitan untuk membongkar niat jahat sebuah jasa penipu online. Anda hanya perlu simak dengan teliti jasa online tersebut sebelum mempercayainya. Credy Indonesia adalah salah satu jasa pinjaman online yang terpercaya.

Artikel oleh : Jay Wulan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.