Memulai Usaha Itu Mudah. Langsung Praktek, Jangan Kebanyakan Teori

Tips Usaha – Kebanyakan orang masih bingung saat ingin mulai berwirausaha. Dari dulu ingin punya usaha sendiri, tetapi bingung harus memulai darimana, bingung ngumpulin modal dulu, bingung mau jualan apa dan terus berkutat dengan kebingungan-kebingungan yang lain. Akhirnya semuanya hanya menjadi wacana belaka.

Harus diakui, untuk memulai usaha itu membutuhkan sebuah tekad yang kuat. Namun sayangnya tekad yang kuat tersebut seringkali hilang seiring dengan kebingungan-kebingungan tadi. Belum lagi jika kita mempunyai kesibukan pekerjaan utama. Sudah pasti tekad tersebut lambat laun akan padam dengan sendirinya.

Sebenarnya memulai usaha itu mudah. Yang sulit itu mengikis mental block kita, bahwa memulai usaha itu butuh modal besar, butuh perencanaan matang, takut gagal, dan lain-lain. Nah, sikap-sikap itu yang membuat kita kesulitan untuk melangkah. Berikut ini ulasan singkat tentang bagaimana cara memulai usaha dengan mudah.

  • Mulai Dari Perencanaan Sederhana

Memulai usaha memang membutuhkan sebuah perencanaan. Tetapi buatlah perencanaan yang sesederhana mungkin. Tidak perlu perencanaan yang matang dan jelimet, setengah matang saja. Nanti dimatangkan sambil jalan, biar tau jatuh bangunnya, biar paham betul prosesnya, sehingga bisa disempurnakan lagi dikemudian hari. Baca juga : Bagaimana Cara Membuat Perencanaan Usaha Yang Baik Bagi Pemula?

  • Mulai Dari Hobi

Memulai usaha yang paling mudah adalah dari hobi. Karena sedikit banyak kita sudah memahami dunia hobi kita. Sehingga kita bisa melihat peluang bisnis apa yang bisa kita jalankan. Misal jika kita hobi olahraga sepeda, kita bisa mencoba jualan asesoris sepeda maupun sport wear seperti jersey sepeda, sarung tangan sepeda helm sepeda, dan sebagainya. Jika kita hobi fotografi, kita bisa menawarkan jasa foto atau membuka studio fotografi.dscf79911111749592.jpg

  • Mulai Dari Bisnis Yang Kecil

Ketika baru merintis usaha, sebaiknya dimulai dari bisnis yang kecil dulu. Kecuali jika kita sudah berpengalaman di dunia wirausaha, sah-sah saja jika menginginkan skala usaha yang lebih besar. Memulai usaha dari yang kecil dulu tujuannya adalah untuk meminimalkan modal dan resiko. Misal jualan produk perlengkapan olahraga, pakaian. makanan, dll. Namun bukan berarti usaha tersebut dijalankan ala kadarnya ya. Tetap dibutuhkan sebuah tekad dan keseriusan agar usaha yang kita rintis bisa terus berkembang.

  • Mulai Action

Mulai aja dulu! Seperti bunyi tagline iklan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang sering muncul di TV. Ya, untuk memulai usaha memang butuh tindakan nyata (action). Jangan kebanyakan perencanaan dan teori-teori bisnis. Apa gunanya semua perencanaan yang matang tersebut jika tidak segera direalisasikan. Malah bisa-bisa ide cemerlang kita dicuri orang lain, dan hanya menjadi penyesalan.

bob sadino
Quote Bisnis Bob Sadino

Article By : Teguh Wahyono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.