Tips Berhasil Wawancara di Perusahaan Impian Kalian

Tips Berhasil Wawancara – Keberhasilan untuk memulai sebuah karir kadang berawal dari wawancara kerja. Di saat itu, terkadang detail sekecil apapun bisa jadi sebuah keuntungan atau sebuah masalah. Jadi ada baiknya sebelum masuk ke ruangan HR di perusahaan impian mempersiapkan diri sebisa mungkin.

Ada beberapa hal yang dinilai oleh HR atau bahkan user di perusahaan impianmu. Gerak tubuh, kepercayaan diri, keahlian, bahkan hingga penampilan kalian. Nah sebelum masuk ke ruangan dan bertemu orang yang dapat menentukan masa depan karir kalian, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mempersiapkan diri:

Jaga Postur Tubuh dan Tetap Pede

Amy Cuddy, seorang Psikolog Sosial dari Princeton University menuturkan bahwa jika kita merasakan gugup dalam sesi interview, kita perlu menata ulang posisi tubuh kita. “Gerak tubuh dan pikiran akan saling melengkapi pada saat pembicaraan” ujarnya.

Secara tidak langsung, tubuh mempunyai kekuatan untuk menunjukkan aura dan kemampuan yang ada dalam diri kita. So, jangan melakukan gerakan yang mendukung rasa gugup itu, namun lawan dengan gerakan badan seolah kita siap menjawab pertanyaan yang diberikan, seperti duduk tegak di kursi dan gunakan gerakan tangan setiap menjawab.

Tampil Maksimal dalam Berpakaian

Pada setiap undangan wawancara biasanya akan menyebutkan syarat berpakaian untuk menghadiri sesi wawancara tersebut. Seringkali kita terlalu memperhatikan pakaian, namun hal kecil yang terlupakan dari itu adalah pembawaan tampilan diri kita sendiri.

Bagi laki-laki, hendaknya memperhatikan pilihan gaya rambut untuk ditata rapih dengan menyisirnya, bahkan jika perlu memakai gel rambut supaya memberi kesan fresh pada wajah. Untuk perempuan, perlu memperhatikan tatanan makeup yang digunakan. Jangan terlalu tebal dan berlebih, cukup pakai beberapa kosmetik untuk mencerahkan wajah.

Perhatikan Cara Berbicara

Jawaban dengan antusias akan memberikan nilai plus di sesi wawancara. Tekan suara ketika kita menjawab supaya terkesan bahwa kita yakin akan jawaban yang kita berikan. Isi dari tiap jawaban pun mesti diperhatikan supaya relevan dengan pertanyaan yang diberikan.

Kuasai juga beragam informasi tentang perusahaan agar mudah kita memikirkan jawaban bila pertanyaannya berkaitan dengan profil perusahaan tersebut. Hal ini berkaitan dengan persepsi dan penilaian pewawancara yang akan menilai bahwa kita orang yang bersemangat dan siap untuk bergabung dengan perusahaan.

Fokus dan Matikan Handphone Kalian

Berikan kemampuan terbaik dari diri kita melalui jawaban-jawaban yang berbobot. Mematikan handphone selama proses wawancara supaya kita fokus berdialog dengan pewawancara. Yakinlah bahwa di sini dan saat ini-lah kesempatanmu telah datang. Maksimalkan sesi wawancara dengan lupakan sejenak urusan di luar ruangan.

Kesan pertama (first impression) selama sesi wawancara juga menjadi momen penilaian oleh manager atau tim rekrutmen. Penelitian oleh Barrick, dkk pada tahun 2016 menemukan hasil bahwa kesan pertama secara signifikan menetukan keputusan akhir dalam perekrutan pelamar kerja.

Be a Pro!

Kedatangan kita dengan tepat waktu juga menggambarkan sikap bahwa kita siap menjadi karyawan di perusahaan itu. Jadilah professional dengan berperilaku bahwa diri kita mempunyai cukup pengalaman untuk digunakan bersama perusahaan terkait.

Tonjolkan sikap karismatik untuk meyakinkan pewawancara atas kemampuan yang dimiliki kita miliki. Serta tidak perlu berlebihan dalam menyebutkan kemampuan diri karena akan terkesan sombong.

Article by : kumparan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.