Kenali 7 Kesalahan dalam Instagram Marketing

Instagram Marketing Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk melancarkan kegiatan pemasaran dan pengembangan bisnis. Tampilannya yang menarik serta didukung dengan analytic tools yang lengkap menjadikan Instagram sebagai media sosial ideal untuk bisnis. Anda dapat berbagi gambar dan video untuk secara visual menciptakan pengalaman bagi siapa pun yang mengunjungi akun bisnis Anda.

Dalam menerapkan pemasaran melalui Instagram, Anda tentu perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat agar hasilnya maksimal. Salah langkah dapat berakibat buruk. Tidak hanya akan menurunkan citra merek bisnis, tapi juga bisa membuat audiens meninggalkan akun bisnis Anda. Nah, yuk ketahui apa saja kesalahan dalam instagram marketing berikut ini.

  1. Membeli follower
    Jumlah follower memang bisa mempengaruhi kepercayaan audiens terhadap akun bisnis kita. Namun, hal tersebut bukanlah alasan untuk membeli follower. Selain karena follower palsu akan dihapus otomatis oleh Instagram, hal tersebut juga akan mempengaruhi potential customer Anda. Membeli follower membuat Anda memperoleh audiens yang acak, bahkan tidak sesuai dengan target market Anda. Hal ini justru akan mempersulit proses interaksi dan kelangsungan bisnis nantinya.
  2. Membuat Konten Asal-Asalan
    Instagram memberi kesempatan kepada pemilik bisnis untuk menonjolkan visual produk serta layanan secara keseluruhan yang dijual kepada audiens. Anda harus kreatif dalam memilih angle agar audiens tertarik pada konten Anda. Jika konten dibuat asal-asalan, audiens akan kesulitan untuk menemukan identitas dan keunggulan merek yang Anda tawarkan. Baca juga : Empat Cara Efektif Mempromosikan Produk Di Blog Sebagai Media Pemasaran Online
  3. Caption Tidak Menarik
    Caption harus diperhatikan untuk menegaskan pesan visual yang ingin Anda sampaikan kepada audiens. Kesalahan lain yang banyak dilakukan dalam instagram marketing adalah penggunaan kalimat yang berlebihan dalam “menjual” serta penggunaan kalimat baku yang biasa digunakan saat melakukan promosi di media konvensional.
  4. Tidak Mengoptimalkan Instagram Stories
    Instagram Stories merupakan salah satu fitur Instagram yang dinilai efektif untuk melancarkan pemasaran. Selain fitur bawaan yang dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi, Instagram Stories juga lebih mudah ditemukan melalui tab Explore. Maka dari itu pastikan konten Anda bisa menarik perhatian audiens. Optimalkan Instagram Stories dengan konten kreatif yang mudah dipahami audiens.
  5. Berlebihan Dalam Berjualan
    Instagram pada dasarnya merupakan media sosial untuk saling menghubungkan secara personal. Maka dari itu menjadikan Instagram sebagai media pemasaran harus memperhatikan hal tersebut. Berlebihan menjual atau hard selling dapat membuat audiens Anda bosan. Cobalah fokus pada konten-konten yang menarik dan meningkatkan interaksi sehingga jangkauan Anda lebih luas, loyalitas terhadap merek juga meningkat.
  6. Meremehkan Hashtag
    Hashtag juga bisa dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran di Instagram. Gunakan tagar khusus yang berkaitan dengan merek Anda sehingga mudah diingat oleh audiens. Selain itu Anda juga bisa menambahkan tagar-tagar lain yang populer namun relevan agar orang lain lebih mudah menemukan merek Anda.
  7. Tidak Membangun Interaksi Dengan Follower
    Instagram adalah salah satu media yang efektif dalam meningkatkan brand awareness dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. Maka dari itu penting untuk terus mengenal dan melakukan interaksi dengan audiens. Mulai dari membalas komentar/DM hingga me-repost sebagai bentuk mengapresiasi pelanggan Anda.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan ikatan dengan pelanggan di channel Instagram.

 

Article by : infodigimarket

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.