Memaksimalkan Fitur Instagram Bisnis Anda

Instagram Bisnis – Saat ini Instagram sudah menjadi salah satu platform media sosial terkenal yang sudah beroperasi sejak 2010. Instagram juga sudah memiliki pengguna melebihi 600 juta akun di seluruh dunia. Dengan banyaknya pengguna ini, Anda yang ingin berbisnis online atau ingin menjadi influencer wajib memaksimalkan akun instagram agar baik produk yang dijual atau kegiatan Anda terjangkau oleh follower yang ingin dituju.

Fantastisnya, jumlah pengguna aktif tiap harinya juga tak kalah banyak dari total keseluruhan pengguna. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda mulai menyusun strategi pemasaran online untuk produk atau jasa Anda. Bagaimana caranya? Mari simak info berikut.

Ubah ke Akun Bisnis
Saat Anda berencana untuk berbisnis, pastikan akun instagram Anda muncul di profil sebagai akun instagram bisnis. Diubahnya menjadi akun bisnis ini akan membuat Anda mendapat banyak keuntungan. Jika hanya akun biasa, Anda tidak dapat mendapatkan fitur seperti insight, promotions, dan call to action. Dengan fitur insight ini, Anda dapat melacak serta melihat perkembangan jumlah followers, apakah bertambah atau malah berkurang. Kemudian info demografis, serta data analisis untuk membantu Anda dalam merencanakan konten apa yang menarik untuk diunggah.

Perbaiki Profil Anda
Memperbaiki profil akun instagram Anda juga tak kalah pentingnya. Buat nama profil yang menggambarkan bisnis Anda. Pilih username yang dapat digunakan di platform lain seperti Twitter, Facebook atau Marketplace. Hal ini dimaksudkan untuk membantu Anda membuat trademark brand Anda agar mudah ditemukan oleh calon konsumen. Gunakan pula logo bisnis Anda. Logo di sini bermain penting dalam membuat merek Anda terlihat terpercaya oleh konsumen serta mempermudah calon konsumen menemukan Anda. Selain itu, perbaiki bio profil Anda agar terlihat menarik dan cocok untuk bisnis Anda. Tak perlu bertele-tele, Anda bisa menjelaskan poin per poin. Sisipkan juga alamat website bisnis Anda jika ada.

Unggah Konten di Feed Secara Rutin
Instagram dikenal dengan visualnya yang menarik perhatian. Oleh karena itu, pilihlahh kualitas gambar yang baik dengan konten yang menarik untuk diunggah ke feed instagram Anda. Hal ini juga membantu untuk meningkatkan jumlah followers Anda. Namun, perlu diiingat, gambar yang menarik juga tak melulu mendapatkan banyak followers. Anda perlu menarik pengunjung Anda dengan penggunaan caption yang cocok dengan gambar dan menarik. Pemilihan bahasa juga perlu diperhatikan agar calon konsumen atau followers Anda bersedia mengikuti akun bisnis Anda.

Pilih Hastagh Yang Sesuai Dengan Highlight Stories
Hashtag adalah salah satu hal yang dapat membantu konten instagram Anda mudah ditemukan. Dalam satu konten gambar instagram bisnis Anda, idealnya terdapat 30 hashtag. Namun, jangan asal memilih hashtag. Pastikan hashtag yang Anda pilih, relevan dengan gambar produk atau jasa serta caption yang Anda buat. Ingat! Untuk selalu konsisten dalam penggunaan hashtag. Selain itu, setiap unggahan di stories, ada baiknya Anda selalu membuat highlight. Kenapa? Karena dengan membuat Highligt pada profil Anda, dapat membantu membangun kepercayaan kepada konsumen atau produsen (jika Anda seorang influencer). Dengan fitur ini, Anda bisa membagikan beragam aktivitas bisnis Anda mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan, event bisnis, testimonial, dan lain-lain.

Naikkan Engagement
Untuk membuat akun Anda semakin populer dan menjangkau banyak followers, Anda bisa menggunakan dua cara terbaik. Pertama, dengan memperbanyak engagement melalui love dan komentar pada instagram. Namun, menggunakan cara pertama ini akan menguras banyak waktu dan pikiran untuk mengatur strategi. Hanya saja bebas akan biaya. Sedangkan cara kedua adalah menggunakan fitur promosi. Anda dapat menggunakan fitur ini jika akun instagram Anda sudah beralih ke akun instagram bisnis. Promosi ini dapat Anda atur sendiri seperti lokasi, demografi, gender, hingga usia audiens. Bedanya dengan cara pertama, cara kedua ini membutuhkan biaya.

Jika mempromosikan akun instagram bisnis Anda dirasa rumit, Anda bisa menggunakan jasa konsultan pemasaran online. Agensi konsultan seperti ini biasanya menyediakan beragam jasa untuk membantu bisnis online Anda dengan lebih teliti. Tentunya, akan ada biaya tambahan untuk itu. Anda hanya tinggal menunggu laporan data engagement dari akun instagram bisnis Anda. Cukup mudah, bukan?

 

Article by : kinetic.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.