Salam Literasi

Saat berkunjung ke sebuah toko buku, kita akan melihat deretan rak-rak yang berjejer penuh berisi buku-buku. Ada buku pengetahuan, biografi, komik, novel, dan lain-lain. Dan ketika mencoba mengambil salah satu buku, pasti yang pertama diamati adalah design cover dan pengantar singkat yang ditulis di bagian belakang buku.

Tak jarang ditampilkan testimoni atau komentar dari tokoh-tokoh terkenal tentang buku tersebut. Dari situ kita bisa menyimpulkan apakah buku tersebut menarik atau tidak. Walaupun kesimpulan singkat itu belum sepenuhnya benar sebelum kita benar-benar membacanya.

Dari sebuah buku, pernahkah kita mencoba menyelami lebih dalam dari sisi penulisannya. Bagaimana buku tersebut bisa ditulis dari awal hingga akhir. Kalimat demi kalimat disusun menjadi paragraf. Hingga bermuara menjadi bab demi bab yang membawa alur cerita ataupun menjelaskan sebuah pengetahuan. Tentunya ini membutuhkan pengetahuan, observasi dan kreativitas sang penulis agar menjadikan buku tersebut menarik.

Dunia tulis menulis memang masih banyak digemari. Medianya pun sekarang jauh lebih berkembang. Buku dan surat kabar adalah media fisik yang sudah lama kita kenal dalam dunia penulisan modern. Dan sekarang kita mengenal beberapa media tulis dalam format digital seperti blog, jurnal dan ada juga para influencer yang sering menulis di akun sosial medianya. Bahkan format digital ini yang sekarang lebih disuka karena tidak perlu repot-repot menyimpan di rak buku dan lebih praktis dalam hal penelusurannya.

Bagi sang penulis, menulis adalah sebuah karya peninggalan (legacy). Ada yang menjadikan profesi menulis sebagai pekerjaan,contoh wartawan. Ada juga yang bertujuan komersial yang karyanya dijual ke penerbit seperti pengarang buku, ataupun sekedar hobi yang dibagikan secara gratis sebagai sedekah ilmu untuk bisa dibaca oleh semua orang. Yang pasti,untuk bisa menulis, sang penulis harus memiliki kemampuan literasi yang baik, kaya akan ide, imajinasi dan kreativitas. Penulis juga harus terus mengikuti perkembangan yang ada, agar hasil karyanya tetap menarik untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.