Mengelola Akun Toko Online Di Marketplace Agar Penjualan Bisa Meningkat

Pernah belanja online di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya? Dari sekian banyak toko online di marketplace yang memajang barang yang kamu cari, apa yang pada akhirnya memutuskan memilih salah satu toko untuk berbelanja di situ? Masing-masing orang akan punya preferensi berbeda dalam memutuskan pilihannya.

Trend jualan di marketplace saat ini begitu meningkat signifikan. Terlebih adanya aturan physical distancing di masa pandemi covid lalu membuat masyarakat sudah terbiasa berbelanja melalui aplikasi toko online (market place). Ini adalah sebuah momentum buat para pemilik toko online untuk mengelola toko dengan baik sehingga bisa meningkatkan penjualannya.

Buat para penjual (seller), mengelola toko online dibutuhkan tips-tips khusus agar bisa bersaing dengan seller yang lain. Tidak hanya soal ragam barang dagangan, namun banyak faktor lain yang bisa jadi perlu diperhatikan agar toko online terlihat menarik dan ramai dikunjungi pembeli. Secara umum ada beberapa tips yang bisa dijalankan oleh pemilik toko online.

1. Fast Respon

Sebelum memutuskan membeli, seringkali orang akan menanyakan hal-hal tentang produk di kolom chat. Seperti stok,warna,ukuran,model dan sebagainya di kolom chat aplikasi. Chat yang segera dibalas sangat mempengaruhi keputusan untuk membeli. Sebaliknya jika tidak segera mendapatkan jawaban, calon membeli bisa saja berpindah ke toko lain.

2. Update Stok

Stok persediaan barang yang di posting di toko online sebaiknya diupdate sesuai stok riil. Karena sangat disayangkan jika pelanggan sudah terlanjur bertransaksi, sementara barang dimaksud ternyata kosong. Sehingga harus dilakukan cancel order / refund pembayaran. Jika hal ini sering terjadi, bisa mempengaruhi rating toko online mu.

3. Deskripsi Produk

Selain berupa foto produk, perlu juga ditambahkan uraian singkat tentang produk yang dijual. Deskripsi produk tersebut bisa menerangkan tentang jenis bahan, cara pemakaian, size chart, perbedaan dengan produk sejenis lain, atau apapun yang membuat calon pembeli menjadi lebih paham tentang produk tersebut. Dengan membaca deskripsi produk, diharapkan calon pembeli bisa langsung bertransaksi tanpa harus menanyakan lagi di kolom chat.

4. Penilaian Toko

Selepas membeli produk, pembeli seringkali menuliskan penilaiannya di kolom komentar. Pembeli yang puas tentu akan berkomentar positif. Dan sebaliknya ada juga yang menuliskan kekecewaannya jika barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi. Nah,disinilah pentingnya menjaga kualitas pelayanan. Yaitu dengan menjual barang sesuai dengan foto dan deskripsi produk, kecepatan pengiriman, dan kerapihan dalam hal packing barang untuk meminimalisir resiko kerusakan selama pengiriman. Penilaian yang baik tentu akan membuat rating toko meningkat dan mengundang banyak calon pembeli baru. Jika ada penilaian negatif, tanggapi dengan santun. Karena konsumen berhak mempunyai subyektifitas masing-masing.

5. Pasang Iklan

Tak bisa dipungkiri, iklan adalah salah satu cara yang kerap diandalkan untuk mengenalkan produk agar lebih dikenal. Sehingga di market place pun juga menawarkan fasilitas iklan toko berbayar kepada para seller. Dengan beriklan, akan membuat produkmu muncul di tampilan teratas dalam kategori pencarian barang yang bisa berpotensi penjualan. Jadi tak ada salahnya jika ingin mencoba beriklan agar tokomu semakin dikenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.